Connect with us

Kota Banjarbaru

Mulai Gelar Manasik Haji, 68 Orang CJH Banjarbaru Siap Berangkat 

Diterbitkan

pada

Manasik haji digelar Kantor Kemenag Kota Banjarbaru kepada 68 CJH yang akan berangkat pada musim haji tahun 1443 Hijriyah. Foto: ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 68 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Banjarbaru bakal berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2022. Persipaan pun sudah dilakukan pribadi CJH maupun dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarbaru.

CJH Kota Banjarbaru musim haji 1443 Hijriyah mengikuti bimbingan manasik haji yang diadakan di aula integritas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjarbaru, Rabu (25/5/2022) pagi

CJH Kota Banjarbaru mengikuti pelaksanaan manasik haji selama 6 hari, tingkat kota selama 2 hari dan tingkat kecamatan selama 4 hari dalam rangka mempersiapkan keberangkatan dan meningkatkan pemahaman CJH tentang proses pelaksanaan ibadah haji tahun 1443 Hijriyah.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Banjarbaru, Ahmad Syauqi mengatakan, jumlah CJH sebanyak 68 orang sudah siap berangkat dan telah menyelasaikan beberapa tahapan dari pendaftaran dari 9-20 Mei 2022. Diantaranya ada penyampaian dokumen-dokumen haji milik calon jemaah haji.



 

 

Baca juga: Di Tengah Wabah PMK Disbunnak Kalsel Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

“Persiapan pemberangkatan haji di Kota Banjarbaru sampai saat ini bisa dilaksanakan sesuai dengan target-target waktu yang ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kemenag Kalsel,” ujarnya.

Sementara untuk persyaratan kesehatan seperti sertifikat vaksin Covid-19 dikatakan Syauqi, pihaknya sudah menyelesaikan semuanya dan sudah masuk dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

CJH juga diberikan bimbingan selama 2 hari di Kantor Kemenag Banjarbaru dan 4 hari di Kantor Urusan Agama (KUA). KUA Kecamatan Cempaka sebanyak 30 orang yang meliputi jemaah dari Cempaka dan Banjabaru Utara, kemudian KUA Kecamatan Banjarbaru Selatan sebanyak 38 orang yang meliputi jamaah haji dari Banjarbaru Selatan, Landasan Ulin dan Liang Anggang.

Disampaikan Syauqi, dalam bimbingan manasik haji pihaknya menyampaikan mengenai kebijakan pemerintah Indonesia di bidang perhajian, kebijakan pemerintah Saudi Arabia dalam perhajian dan mengenai kesehatan.

“Kemudian mengenai materi yang berhubungan dengan ibadah haji akan disampaikan pembimbing yang bersertifikat, Kemenag Banjarbaru mempunyai 6 pembimbing haji yang bersertifikat dan akan ditugaskan selama pelaksanaan bimbingan manasik di kecamatan,” terangnya.

Kota Banjarbaru sendiri dikatakan Syauqi mendapatkan estimasi kuota CJH sebanyak 70 orang dan cadangan 20 orang, karena perkembangannya ada beberapa kendala, sehingga ada 8 orang yang memutuskan menunda. Kemudian ditutupi 2 orang dengan estimasi cadangan sesuai nomor urutan porsi.

“Kita menerima calon jemaah haji titipan mutasi dari Semarang 2 orang, Kabupaten Grogot 1 orang dan Tabalong 1 orang, ada 4 jemaah mutasi yang berdomisili Banjarbaru sehingga total 68 orang jemaah,” tambahnya.

Lebih jauh Syauqi mengimbau, bagi 68 CJH yang akan berangkat untuk menjaga kesehatan dan selalu membaca buku manasik haji.

“Tujuannya diharapkan dengan menjaga kesehatan, dengan mengulang pembelajaran manasik haji bagi jamaah haji bisa mendapatkan haji yang mabrur,” harapnya.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->