Connect with us

Kota Banjarbaru

Momentum Idul Adha 1442 H, ACT Kalsel Bagi Daging Kurban ke Petani Landasan Ulin Utara

Diterbitkan

pada

ACT Kalsel bagikan daging kurban ke petani di Landasan Ulin Utara Foto: act
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Idul Adha 1442 H yang jatuh pada Selasa (20/7/2021), menjadi penuh makna bagi petani di Kampung Baru, Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kota Banjarbaru. Pasalnya, mereka mendapatkan daging kurban dari Global Qurban-ACT.

Sebagian besar petani di kelurahan ini merupakan penyintas bencana banjir yang melanda sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Selatan di awal tahun 2021 silam.

Salah satunya adalah Seniman. Pria paruh baya yang telah bekerja sebagai petani sejak tahun 1990 ini, merupakan salah satu petani yang terdampak bencana banjir, yang tentunya menimbulkan kerugian yang cukup besar baginya. Saat ditemui, Seniman tengah mengemas sayur-sayuran yang ia tanam.

Saat menerima distribusi daging kurban, Seniman mengaku senang. Karena, sebelumnya ia belum pernah menikmati daging, terkecuali di momentum Idul Adha. Kali ini, Global Qurban-ACT menghadirkan daging qurban untuk keluarga Seniman.



 

 

Baca juga: Resep Tongseng Kambing: Bumbu, Bahan dan Cara Membuat

“Alhamdulillah, senang sekali bisa mendapatkan daging qurban ini. Karena untuk daging, saya hanya dapat menikmatinya di momentum Idul Adha seperti ini,” kata Seniman.

Merespon antusiasme Seniman yang mendapatkan distribusi daging kurban, membuat raut wajah Ali Ridho, relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kelurahan Landasan Ulin Utara ini menjadi ceria.

Kendati di tengah terik sinar matahari yang menyengat Kota Banjarbaru pada siang itu, Ali bercerita bahwa Seniman merupakan salah satu petani yang tulen, yang juga terdampak bencana banjir.

“Pak Seniman ini merupakan petani tulen di kampung ini, mulai tahun 1990. Hampir sebagian besar petani yang menjadi penerima manfaat dalam distribusi kurban kali ini merupakan penyintas bencana banjir. Bahkan, banjir sendiri merendam seluruh lahan pertanian para petani,” kata Ali.

Pelaksanaan ibadah kurban di Kelurahan Landasan Ulin Utara kali ini, dilaksanakan di halaman TPQ Bayt Al-Hikmah Unit 156. Di mana, pelaksanaannya sendiri baru pertama kali dihelat di TPQ ini.

Baca juga: Curi Mobil Nissan Terrano di Sungai Besar, MD Dibekuk di Sungkai dengan Tembakan

Adapun hewan kurban yang disembelih yaitu seekor sapi, yang dalam pelaksanaan penyembelihan melibatkan relawan MRI Landasan Ulin Utara dan warga setempat.

“Ini menjadi pengalaman pertama kami dalam pelaksanaan ibadah kurban. Kendati dengan persiapan yang ala kadarnya, Alhamdulillah penyembelihan hewan kurban berlangsung dengan lancar, hingga didistribusikan kepada penerima manfaat,” imbuh Ali.

Terpisah, Kepala Cabang Global Qurban-ACT Cabang Kalsel Zainal Arifin pada Rabu (21/7) sore mengatakan, pelaksanaan ibadah kurban di Kelurahan Landasan Ulin Utara sendiri, merupakan yang pertama dilaksanakan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Namun demikian, pelaksanaan ibadah kurban sendiri tetap dilaksanakan selama tiga hari tasyrik, atau pada Jumat (23/7) mendatang.

“Kita juga melaksanakan ibadah kurban di tiga hari tasyik, di beberapa titik di Provinsi Kalimantan Selatan. Di antaranya di Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tanah Laut. Tim relawan kami di lapangan telah siap melaksanakan distribusi daging qurban yang merupakan bentuk kedermawanan masyarakat Indonesia untuk penerima manfaat kita di Kalimantan Selatan,” ucap Zainal.

Selain itu, Zainal memastikan, Global Qurban-ACT tetap melayani masyarakat yang ingin menunaikan qurban, kendati melewati momentum Hari Raya Idul Adha. “Kita masih membuka kesempatan kepada masyarakat di Kalimantan Selatan untuk dapat menunaikan kurbannya di hari-hari tasyrik seperti sekarang ini,” tuntas Zainal. (kanalkalimantan.com/rls)

Reporter: rls
Editor: cell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->