Minat Masyarakat Masih Tinggi, Bazar Buku Diperpanjang Masa Aktifnya - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Minat Masyarakat Masih Tinggi, Bazar Buku Diperpanjang Masa Aktifnya

Diterbitkan

pada

Masyarakat masih antusias menyerbu bazar buku yang digelar di Dispersip Kalsel Foto : Mario

BANJARMASIN, Bazar buku yang diadakan di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel yang berada di Jalan Piere Tendean ini harusnya berakhir 24 September lalu. Sejak dibuka pada 24 Agustus 2018, animo masyarakat terhadap bazar buku ini sangat besar. Ditambah lagi dengan lokasinya yang strategis, di tengah perkotaan dan dekat dengan Siring, membuat tempat ini jadi semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Melihat minat masyarakat akan buku murah namun berkualitas ini masih sangat tinggi, bazar ini pun diperpanjang lagi ‘masa aktifnya’ hingga 45 hari ke deoan.Yusuf Agency selaku pemilik bazar yang bekerja sama dengan Dispersip Kalsel pun menambah lagi koleksi buku-buku di bazarnya dengan 2 buah truk besar yang langsung didatangkan dari pulau Jawa.

“Saya sebagai Kadispersip tentu sangat senang melihat pertumbuhan minat baca yang semakin meningkat. Terbukti, setiap harinya hingga malam, (bazar) selalu ramai pengunjung. Terlebih diakhir pekan,” aku Nurliani Dardie selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dispersip Kalsel, baik yang di Palnam maupun di jalan Piere Tendean memang selalu membuka layanan setiap hari. Bahkan di hari Minggu. Kecuali pada hari libur nasional dan hari besar keagamaan.

Kadipersip Kalsel ini juga menyampaikan bahwa mereka akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Dispersip Kalsel. “Kami berusaha meningkatkan perbaikan kualitas maupun kuantitas layanan. Kami juga akan sesering mungkin menggandeng distributor buku murah untuk mengadakan bazar buku,” kata Nurliani yang akrab dipanggil Bunda Nunung ini.

Langkah ini dilakukan guna lebih mendekatkan buku kepada masyarakat dan juga sebagai fasilitator ketersediaan buku yang murah, beragam, dan berkualitas. “Pesatnya pertumbuhan minat baca tersebut berkat kerja sama yang baik dari semua pihak baik keluarga, satuan pendidikan dari PAUD hingga perguruan tinggi, dan juga terlebih peran media cetak dan elektronik yang gencar mempromosikan minat baca,” ungkapnya.

Hal ini bisa juga dilihat pada Sabtu (6/10) malam, di bazar buku yang diadakan di jalan Piere Tendean ini. Berbagai kalangan masyarakat dari anak kecil, remaja, bahkan emak-emak milenial pun tidak ketinggalan untuk menyerbu bazar buku sembari menikmati malam Minggu.

Bunda Nunung juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas respon baik dari masyarakat terhadap bazar buku yang Dispersip adakan maupun terhadap pelayanan di Palnam, Jalan Piere Tendean, dan Perpustakaan Keliling (Pustling). “Melihat animo masyarakat yang beramai-ramai membeli buku dan juga terhadap pelayanan gratis yang diberikan Dispersip Palnam, Piere Tendean, dan Pustling, untuk itu saya merasa berterima kasih. Begitu pula peran teman-teman lintas komunitas, distributor, dan toko buku serta seluruh masyarakat Banjarmasin.” (mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan