Connect with us

Hukum

Menambang Pasir Saat Hujan, Tauhid Tewas Tertimbun Longsor

Diterbitkan

pada

Lokasi longsor di pendulangan Pumpung Cempaka Foto : istimewa

BANJARBARU,  Hujan seharian yang terjadi di Banjarbaru sejak tadi pagi menyebabkan longsor di lokasi pendulangan intan Pumpung Cempaka, Banjarbaru, Senin (21/1) pukul 13.00 Wita. Akibat kejadian ini, seorang penambang pasir bernama Muhammad Tauhid (32), warga RT 23, RW 8 Cempaka Banjarbaru tewas usai tertimbun pasar saat sedang bekerja.

Saat hujan turun, korban saat itu masih nampak menyedot pasir sebelum akhirnya longsor tersebut terjadi. Seorang saksi di lokasi kejadian Amin (30) mengatakan, korban yang bekerja sebagai pendulang pasir pada saat itu melakukan aktivitas menyedot tanah dengan situasi hujan. “Lalu tiba-tiba saja terjadi longsing yang menyebabkan korban tertimbun tanah,” katanya.

Menurutnya, beberapa rekan korban mencoba menyelamatkan dengan cara menggali tanah yang menimbun Tauhid. Sekitar 20 menit waktu diperlukan sebelum akhirnya korban bisa diangkat dari reruntuhan tanah.

“Setelah itu, korban pun langsung dibawa ke Puskesmas Cempaka yang merupakan lokasi terdekat untuk dimintai pertolongan. Namun sayangnya, kondisi Tauhid sudah tak bisa lagi diselamatkan,” terangnya.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya membenarkan peristiwa yang telah menelan korban jiwa tersebut. “Iya betul telah terjadi longsor di lokasi pendulangan Pumpung, Cempaka, dan satu korban meninggal dunia,” jelasnya.

Ia berharap agar para pendulang untuk tidak melakukan aktivitas saat musim penghujan. Sebab tanah di lokasi pendulangan labil dan rentan sekali terjadi longsor.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 6
    Shares