Connect with us

Kota Banjarbaru

Menag Ingatkan Pentingnya Jaminan Hak dalam Beragama

Diterbitkan

pada

Gubernur Sahbirin menyampaikan pidato Menag di acara HAB ke 73 Foto: rico

BANJARBARU, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin menyatakan peringatan Hari Amal Bahakti (HAB) ke- 73 Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

 “Dalam negara kita berdasar Pancasila, bukan hanya jaminan untuk mengamalkan ajaran agama dilindungi negara, bahkan kebijakan Pemerintah tidak boleh bertentangan dengan ajaran dan kaidah agama,” tegas Lukman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kamis (3/1) di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Tujuh puluh tiga tahun silam, tepatnya  pada 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia  untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat.

“Kementerian Agama bertugas menjaga kerukunan hidup antarumat beragama agar kian rekat dan pada akhirnya agar kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat,” katanya.

Selanjutnya Sahbirin mengharapkan dengan peringatan HAB ke-73, Kemenag Kalsel bisa lebih baik lagi dan hubungan kerja sama dengan pemerintah provinsi dalam berbagai bidang bisa terus ditingkatkan. Terutama dalam bidang pembangunan keagamaan dan kerukunan hidup umat beragama. “Tentunya kita berharap yang terbaik,” katanya.

Di kesempatan tersebut,  didampingi Kakanwil Kemenag Kalsel dan Rektor UIN Antasari Banjarmasin, Gubernur menyematkan Penganugrahan Satya Lencana 30, 20, 10 Tahun kepada 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kemenag Kalsel dan UIN Antasari Banjarmasin.

Upacara bendera merupakan acara puncak rangkaian peringatan HAB ke-73 Kemenag setelah sebelumnya diadakan kegiatan lomba olahraga, ziarah ke makam para pendahulu, tasyakuran dan shalat Hajat.(rico)

Reporter:Rico
Editor:cell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share