Memanfaatkan Pekarangan, PKK HSU Gelar Lomba - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Memanfaatkan Pekarangan, PKK HSU Gelar Lomba

Diterbitkan

pada

Tim penilai lomba pekarangan PKK HSU saat berada di Desa Telaga Bamban. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Memanfaatkan barang limbah, pekarangan rumah warga di desa bisa bernilai tambah.

Kondisi tersebut dilihat Ketua Tim Penggerak PKK HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid saat penilaian lomba pekarangan di Desa Telaga Bamban, Kecamatan Amuntai Utara, Rabu (10/10).

Ya, PKK HSU menggelar lomba pekarangan tingkat kabupaten sejak 7 Oktober 2018, di desa-desa yang mewakili tiap kecamatan di Kabupaten HSU.

Menurut Hj Anisah Rasyidah Wahid, sasaran dari kegiatan ini bagaimana tanaman sayur mayur dimanfaatan di pekarangan rumah warga, juga ada pemeliharaan ikan, ayam atau itik.

Adapun kriteria penilaian mencakup seperti pemanfaatan limbah, pemenfaatan pekarangan, dan penempatan pekarangan rumah.


“Memanfaatkan bekas bekas limbah seperti kaleng cat, botol, barang bekas lainnya, menjadi nilai tambah dalam penilaian lomba,” kata Anisah.

Ia menghimbau kepada warga, di setiap rumah bisa memanfaatkan pekarangan masing-masing dengan ditanami berbagai tanaman. Baik tanaman hias ataupun tanaman obat keluarga (Toga), seperti kunyit, jahe, laos, serai, dan lain sebagainya, agar para ibu tidak perlu lagi membeli ke pasar.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi motivasi dan menjadi penggerak kepada seluruh masyarakat di desa dan sekitarnya dalam pemenfaatan tanaman pekarangan,” pungkasnya. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan