Connect with us

Lingkungan

Mahasiswa Kehutanan ULM Ajak Pelajar SDN 1 Guntung Manggis Tanam Pohon

Diterbitkan

pada

Pelajar SDN Guntung Manggis di Kota Banjarbaru yang melakukan penanaman pohon bersama mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM, Kamis (30/11/2023) siang. Foto: SDN 1 Guntung Manggis

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru mendapatkan pengalaman diajarkan menanam pohon sejak dini.

Selain menanam pohon, pelajar juga diberikan penyuluhan dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Kegiatan bertajuk penyuluhan lingkungan tersebut merupakan program yang diinisasi mahasiswa dari Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Baca juga: Dihadiri Duta Besar Palestina, Ini Rundown Aksi Bela Palestina di Lapangan Murdjani Banjarbaru

Penanaman pohon dan penyuluhan digelar pada Kamis (30/11/2023) siang, di halaman SDN 1 Guntung Manggis, samping Mako Brimob Polda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebelum penanaman dimulai, mahasiswa dari Fakultas Kehutanan ULM terlebih dahulu memberikan penyuluhan singkat kepada para pelajar. Mereka diberikan pemahaman konsep dasar pelestarian lingkungan, dampak perubahan iklim, dan pentingnya menjaga keberagaman hayati dengan penyampaian yang interaktif dan menghibur.

Saat proses penanaman, anak-anak diberi tanggungjawab untuk membantu menanam pohon, sementara mahasiswa memberikan bimbingan dan informasi tentang jenis-jenis pohon yang ditanam serta manfaatnya dalam ekosistem.

Baca juga: Atlet IBCA MMA Kalsel Raih 6 Medali di Kejurnas Piala Kemenpora 2023

Salah satu perwakilan mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM, Syahdan mengatakan, pelibatan anak-anak pada program tersebut merupakan upaya pelestarian lingkungan sekaligus membentuk karakter anak agar mencintai lingkungan.

“Anak-anak merupakan agen perubahan yang potensial. Melibatkan mereka dalam penanaman pohon tidak hanya membantu pelestarian alam, tetapi juga akan membentuk karakter sebagai generasi peduli lingkungan sekaligus melatih agar mencintai alam sedari dini,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan guru SDN Guntung Manggis, Nofy Astuty menyambut baik program mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM.

Baca juga: Sembilan ASN Pemkab HSU Terima Hadiah Undian Simpeda KPE

Menurutnya, kegiatan ini akan memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan, serta dapat merangsang minat anak untuk terlibat aktif dalam menjaga keberlanjutan alam.

“Kegiatan penanaman di sekolah dengan melibatkan anak-anak ini dapat meningkatkan kesadaran betapa penting menjaga lingkungan untuk keberlangsungan hidup,” ungkap Nofy.

Baca juga: Warga Desa Haur Kuning Gotong Royong Bersihkan Gulma di Sungai

Pihaknya berharap, kegiatan yang dinisiasi mahasiswa Fakultas Kehutanan ULM menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan anak-anak sekolah menciptakan generasi yang peduli lingkungan. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email