Connect with us

NASIONAL

Logo Hari Santri 2021: Tema, Warna dan Makna

Diterbitkan

pada

Logo Hari Santri 2021 (kemenag.go.id)

KANALKALIMANTAN.COM – Diketahui bahwa dalam konferensi pers Kick-Off Hari Santri 2021, logo resmi Hari Santri 2021 juga dirilis. Logo Hari Santri 2021, 22 Oktober 2021 ini diperoleh dari hasil sayembara yang diselenggarakan oleh RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah) PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama).

Dalam logo Hari Santri 2021 terkandung suatu filosofi tertentu. Dikutip dari website kemenag.go.id, logo Hari Santri 2021 memiliki makna di bawah ini.

 

1. Tema



Tema Hari Santri 2021 adalah Santri Siaga Jiwa dan Raga. Maka logo Hari Santri 2021 pun terlihat merespon tema tersebut. Tema Siaga Jiwa dan Raga maksudnya adalah santri tidak lengah menjadi bagian bangsa Indonesia untuk menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia

 

 

Baca juga: SSB Bhakti Husada HSU Runner-up Paman Birin Cup 2021.

Dengan demikian, diharapkan santri dapat meresapi dan mampu untuk tidak memberikan celah masuk ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan santri dapat meresapi dan mampu untuk tidak memberikan celah masuk ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Siaga Raga berarti kesiapan badan, tubuh, tenaga dan buah karya para santri didedikasikan khusus untuk Indonesia. Oleh karenanya, santri tidak akan pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. Sedangkan, Siaga Jiwa berarti santri dapat tetap disiplin dan tidak lengah dalam melaksanakan tujuan hidupnya sebagai bagian dari Bangsa Indonesia.

 

2. Warna Logo Hari Santri 2021

Logo Hari Santri 2021 yang terpilih adalah desain logo yang memiliki warna-warni beragam sehingga dapat memberikan kesan lebih fresh. Hal ini juga menggambarkan berbagai aktivitas yang sering dilakukan para santri. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Kode warna biru yang menggambarkan posisi sholat, yang juga berarti berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.

Kode warna biru berarti sujud sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.

Kode warna merah artinya kebersamaan untuk selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.

Kode warna ungu berarti semangat dan kerja keras untuk mencapai segala sesuatu.

Kode warna kuning berarti berbagi untuk sesama dan berbagi untuk Indonesia.

Baca juga: Viral! Cerita Pria Berhasil Lolos dari Bahaya Berkat Serial ‘Upin Ipin’

makna logo Hari Santri 2021 (instagram/kemenag_ri)

 

3. Gambar

Dikutip dari laman nu.or.id, logo Hari Santri 2021 bergambar air jernih sebagai lambang kesejukan dan kesegaran menjadi kekuatan bagi kehidupan.

Dengan air sebagai sumber kehidupan menjadi lambang logo makna logo Hari Santri 2021 menegaskan santri dan pesantren akan terus memberikan kesejukan dan kesegaran bagi kehidupan berbangsa dan bernegara melalui mainstreaming Islam rahmatan lil alamin.

Santri dan pesantren diharapkan dapat menjadi kekuatan besar bagi negara, mulai dari resolusi jihad sampai sekarang. Hal ini juga untuk mengingatkan umat, bahwa santri harus dapat ikut berperan sebagai sumber inspirasi sekaligus salah satu sumber kehidupan bagi bangsa Indonesia.

 

4. Tagline Logo Hari Santri 2021

Di bawah logo santri 2021 terdapat tagline dalam tiga kata yakni bertumbuh, berdaya, dan berkarya. Ini menegaskan tujuan dan semangat santri Indonesia kedepannya bahwa mereka akan ikut membangun bangsa Indonesia dan mempersembahkan karya-karya yang berguna untuk semua kalangan. (Suara.com)

Editor: suara


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->