Connect with us

Kalimantan Selatan

Lepas Kakek 85 Tahun Berangkat Haji Sendiri, Dita Bahagia Campur Cemas

Diterbitkan

pada

Suasana saat pelepasan jemaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Haji Banjarmasin, Senin (29/5/2023) siang. Foto: rizki

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Ratusan warga rela berpanas-panasan di halaman Asrama Haji Banjarbaru melepas keberangkatan jemaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Haji Banjarmasin, Senin (29/5/2023) siang.

Meskipun tidak bisa masuk ke dalam asrama dan tidak bisa bertemu jemaah secara langsung, tak menyurutkan semangat keluarga jemaah melepas para Tamu Allah itu.

Bahkan, tak sedikit warga yang telah menunggu sejak pagi sudah berkumpul di halaman Asrama Haji Banjarbaru dengan membawa bekal makanan dan minuman layaknya piknik bersama keluarga.

Suasana haru kemudian tergambar saat rombongan Kloter 1 asal Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel ini keluar dari Asrama Haji menuju Bandara menggunakan bus sekitar pukul 14.45 Wita.

Baca juga: Pj Bupati HSU Sampaikan Dua Raperda, Ada 9 Jenis Pajak Daerah 3 Pajak Baru

Suasana saat pelepasan jemaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Haji Banjarmasin, Senin (29/5/2023) siang. Foto: rizki

Lambaian tangan keluarga kepada jemaah yang berada di dalam bus seakan mengungkapkan rasa kebahagiaan melihat keluarga mereka menunaikan rukun Islam kelima ini.

Warga yang datang dengan kendaraan umum maupun mobil pribadi kembali melepas proses keberangkatan dari pinggir jalan A Yani yang menghadap Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

Beberapa dari mereka terlihat meneteskan air mata menyaksikan para Tamu Allah berangkat ke Tanah Suci.

Dita, salah satu yang melepas keluarganya merasa bahagia bercampur sedih dan khawatir saat melepas kakeknya yang telah berusia 85 tahun untuk menunaikan ibadah haji.

“Rasanya bahagia campur cemas melepas beliau sendirian berangkat, karena di rumah biasanya selalu butuh pendamping melakukan apapun,” ujarnya.

Baca juga: Penerbangan Kloter 1 Embarkasi Haji Banjarmasin Tertunda 2 Jam Lebih

Keluarga jemaah calon haji menunggu keberangkatan di halaman Asrama Haji Banjarbaru. Foto: rizki

Kakeknya yang beralamat di Cindai Alus, Kecamatan Martapura tersebut dikatakannya punya riwayat penyakit jantung.

“Kaya ada pembesaran jantung, jadi beliau kalau berjalan manggah,” ujarnya. “Beliau juga baru dikasih HP dua hari sebelum berangkat,” tambahnya.

Meski begitu, dirinya bersama keluarga mempercayakan kepada para petugas Kloter yang mendampingi dan mengontrol kesehatan jemaah selama di Arab Saudi.

Kloter 1 jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin yang berjumlah 323 orang dan 5 pendamping dilepas Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan take off dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Madinah pukul 16.30 Wita.

Keberangkatan sempat mengalami penundaan selama 2 jam 40 menit dari yang awalnya dijadwalkan pukul 13.50 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA 8101. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie


iklan " />

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->