Connect with us

Kota Banjarbaru

Langsung Droping ke TPS, Distribusi Logistik Pemilu di Banjarbaru Mulai Berjalan

Diterbitkan

pada

Pendistribusian logistik Pemilu dari gudang logistik KPU Banjarbaru langsung menuju TPS, Senin (12/2/2024) pagi. Foto: wanda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Senin (12/2/2024) pagi.

Sejak pagi pukul 08.30 Wita, sebanyak 15 truk dan 20 pikap dikumpulkan di gudang logistik KPU Kota Banjarbaru untuk menyebar logistik langsung ke masing-masing Tempat Pemugutan Suara (TPS)
Ketua KPU Banjarbaru, Rozy Maulana mengatakan, armada itu dijadwalkan berangkat ke empat kelurahan di Kecamatan Banjarbaru Utara, empat kelurahan di Banjarbaru Selatan.

“Kemudian ke Kelurahan Landasan Ulin Barat di Kecamatan Liang Anggang dan seluruh kelurahan di Kecamatan Cempaka minus Kelurahan Cempaka,” ucap Rozy Maulana, Senin (12/4/2024) pagi.

Baca juga: Film Dirty Vote Tuai Apresiasi Publik, Eks Anak Buah Jokowi: Itu Propaganda

Ketua KPU Banjarbaru, Rozy Maulana. Foto: wanda

Adapun logistik yang dikirim meliputi kotak suara beserta lima jenis surat suara di dalamnya, kemudian logistik di luar kotak seperti peralatan mencoblos sepeti lem, tinta, pulpen hingga berbagai macam formulir.

“Termasuk C pleno, lalu ada 4 buah bilik setiap TPS. Distribusinya langsung door to door ke TPS-TPS, makanya setiap armada didampingi sama PPS yang hapal alur atau jalur di TPS,” sebut dia.

Rozy menargetkan pendistribusian dirampungkan sampai besok hari. Di hari berikutnya dilanjutkan ke Kecamatan Landasan Ulin, Kecamatan Liang Anggang kecuali Landasan Ulin Barat dan kelurahan Cempaka.

Menurutnya tidak ada lokasi pendistribusian maupun medan yang sulit dijangkau, hanya saja beberapa lokasi ditempuh dengan jarak agak jauh menaiki perbukitan seperti di Kelurahan Sungai Tiung
“Untuk medan tidak ada masalah, yang kami masalahkan adalah cuaca, galaunya ini karena cuaca. Namun, kami sudah semaksimal mungkin untuk melindungi logistik ini karena ini barang negara mudah-mudahan logistiknya aman,” ungkapnya.

Baca juga: Krisis Iklim Tak Pernah Dibicarakan, Hati-hati Pilih Capres dan Cawapres 14 Februari Nanti

Di setiap armada pun kata dia, logistik sudah otomatis ditutupi oleh terpal. Begitu pun kotak suara yang diangkut teah dibungkus menggunakan plastik dan kembali dilapisi terpal.

“Kami minta kepada armada penyedia logistik ini hujan tidak hujan tetap ditutup, dan kotak suara yang diangkut dibungkus lagi dengan plastik, habis itu ditutup lagi dengan beberapa lapis terpal,” tegas dia.

Proses droping logistik ini juga selain melibatkan penanggung jawab pengamanan dari anggota KPPS, KPU juga berkordinasi dengan pihak kepolisian, pengawas Bawaslu Kota Banjarbaru.

Baca juga: Masa Tenang Bawaslu Banjarbaru Patroli Siber, Awasi Pelanggaran di Media Sosial  

“Kami sudah berkordinasi dengan Polres Banjarbaru guna memetakan titik TPS dan dimana logistik itu didroping, tentunya dari Polres patroli begitu juga dengan Bawaslu yang punya pengawas TPS masing-masing satu,” tuntas Rozy.

Dalam kesempatan pendistribusian logistik hari pertama ini, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengatakan telah berkordinasi dengan berbagai petugas-petugas kelurahan hingga kecamatan.

“Insya Allah di Banjarbaru tidak ada kendala, kita sudah kordinasi dengan kelurahan-kelurahan dan kecamatan-kecamatan, baik yang berkaitan dengan tempat TPS maupun dan lainnya,” ujar Wali Kota.

Wali Kota Aditya mengharapkan logistik dapat sampai ke TPS-TPS dan bisa digunakan dengan baik agar Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter: wanda
Editor: bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email