Connect with us

Kota Banjarbaru

Lahir dari Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari, Upacara Hari Santri Digelar di Ponpes Nurul Fikri Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Apel peringatan Hari Santi di Kota Banjarbaru diikuti para santri dari sejumlah Pondok Pesantren, Sabtu (22/10/2022). Foto: ist

KANALKALIMANTAN COM, BANJARBARU – Memperingati Hari Santri tahun 2022, ratusan santri se Kota Banjarbaru memadati lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Fikri mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih, Sabtu (22/10/2022) pagi.

Hari Santri lahir sejak tahun 2015 oleh Presiden Jokowi, tercetus dari “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban muslim untuk berjihad mempertahankan kemerdekaan Indonesia oleh KH Hasyim Asy’ari saat melawan tentara Sekutu di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 1945.

Ponpes Nurul Fikri Banjarbaru berjalan dengan khidmat, ratusan santri terus bergantian datang memasuki lapangan tempat upacara digelar.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional pada tahun ini mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.



 

Baca juga  : Jadi Presiden Anak Yatim Indonesia, Zairullah Azhar Siapkan Draf UU Anak Yatim

Dalam upacara hadir Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin yang langsung menjadi pembina upacara.

Wali Kota Aditya mengatakan bahwa santri akan mempunyai masa depan yang cerah, tetapi santri jangan melupakan tugas utamanya yaitu menjaga agama itu sendiri.

“Santri harus mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspriasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan,” ujarnya.

Para peserta upacara berasal dari beberapa Ponpes yang tersebar di Kota Banjarbaru, diantaranya Ponpes Yasin, Ponpes Wali Songo, Pondok Pesantren Raudhatul Mutaallimin Annahdiyah (RMA), Ponpes Warasatul Fuqoha, Madrasah Wustho Darun Najah, Ponpes Raudhatun Nasihin, dan Ponpes Sullamul Khoiriyah.

 

Baca juga  : Disinggahi Mobil Perpustakaan Keliling, Kepsek SD Hippindo Banjarmasin Berharap Ada Kunjungan Kembali

Tidak hanya upacara bendera yang digelar dalam Hari Santri saja, juga ada beberapa macam bazar kuliner yang ikut memadati lapangan Ponpes Nurul Fikri Banjarbaru.

Kemeriahan acara ini ditutup oleh beberapa pertunjukan dari santri-santri se Kota Banjarbaru, yakni berupa seni bela diri, madihin, pantun, nasyid dan lainnya.

Peringatan Hari Santri tahun 2022 tampak juga hadir Ketua DPRD Kota Banjarbaru Fadliansyah Akbar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru Drs H Makhrus MM, para Komandan Satuan TNI dan Polri, beserta beberapa Pimpinan Pondok Pesantren Kota Banjarbaru juga turut hadir dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional ini. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->