Connect with us

Kesehatan

Lagi Flu? 5 Sarapan Enak Ini Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh

Diterbitkan

pada

Saat flu tubuh memerlukan asupan makanan yang sehat Foto : net
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Saat flu melanda sebaiknya pilih makanan bernutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tujuh menu ini bisa jadi pilihan untuk memulai hari.

Flu adalah penyakit yang menyerang indera penciuman. Saat terserang flu, biasanya tubuh akan merasakan gejala demam yang disertai bersin-bersin hingga batuk. Terkadang Anda juga merasa tidak enak saat makan.

Namun jangan turuti ketidakinginan untuk makan itu sebab tubuh tetap memerlukan nutrisi yang tepat. Saat sarapan pun, usahakan mengasup banyak nutrisi.

Dirangkum dari The Healthy, detik.com, berikut adalah 5makanan yang cocok untuk sarapan saat sedang flu. Mulai dari telur, ubi, sampai kacang-kacangan.



1) Telur

Telur mungkin bukan makanan yang Anda pikirkan untuk sarapan saat terserang flu. Namun para ahli telah sepakat bahwa telur adalah makanan yang baik untuk sarapan saat sedang flu. Karena telur mengandung protein yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk tubuh Anda ketika melawan penyakit, jelas Roger E. Adams, PhD, ahli gizi dan nutrisi yang berpusat di Houston.

Jangan sampai melewatkan kuning telurnya walaupun kuning telur memiliki reputasi yang buruk bagi penderita kolesterol tinggi. Namun ternyata informasi tersebut salah. Menurut peneliti, kuning telur mengandung mayoritas protein. Selain itu juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk menangkal penyakit. Misalnya saja zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan selenium.

2) Pisang

Pisang mengandung banyak potasium dan juga nutrisi penting lainnya seperti kandungan serat tinggi dan vitamin B6. Pisang sangat baik untuk memberikan kekuatan sistem imun. Penelitian menemukan bahwa zat elektrolit yang terkandung dalam buah pisang dapat bermanfaat dalam peningkatan energi tubuh. Zat tersebut tentu saja berguna ketika Anda merasakan kelelahan saat flu.

Ahli gizi merekomendasikan untuk menambahkan sedikit selai kacang pada pisang yang Anda iris tipis untuk menyehatkan jantung, bisa juga mencampurkan pisang dengan oatmeal, yogurt rendah lemak, atau sereal yang tidak mengandung pemanis. Selain itu bisa dijadikan campuran smoothies dan makanan yang dipanggang seperti muffin, pancake, dan roti.

3) Ubi

Anda mungkin sudah mengetahui tentang makanan sehat satu ini, yaitu ubi jalar. Ubi jalar mengandung banyak nutrisi baik yang dapat menguatkan sistem imun pada tubuh Anda.

Menurut Alex Miller, ubi jalar mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A ini dapat berfungsi untuk membantu regulasi pada sistem imun tubuh dan melindungi dari infeksi dengan menjaga kulit dan jaringan internal sehat.

Bosan dengan ubi jalar yang dimasak secara dikukus? Coba resep yang diberikan oleh Miller ini, yaitu roti bakar ubi jalar. Cara membuatnya iris ubi jalar secara memanjang, atur pemanggang Anda dengan suhu tinggi, dan panggang irisan ubi Anda dua hingga tiga kali atau sampai lunak. Hiasi roti panggang Anda dengan apa pun yang menurut Anda enak selain ubi jalar, seperti selai kacang, irisan pisang, dan kayu manis, dan lainnya.

4) Jahe

Tanaman obat ini dikenal memiliki aroma melegakan. Selain dijadikan sebagai bumbu masakan jahe juga dapat dipergunakan untuk fungsi lain. Menurut Miller, jahe juga dikenal karena kemampuannya membantu meredakan gejala pilek dengan menghilangkan sumbatan pada hidung dan merangsang sirkulasi dalam tubuh.

Miller mengatakan, “Ia memiliki senyawa aktif yang disebut gingerol, yang dikenal karena sifat antimikroba.” Anda bisa membuat jahe sebagai minuman penghangat yang sangat cocok dalam penyembuhan gejala flu dan juga dapat melegakan tenggorokan. Minumlah racikan jahe seperti teh jahe atau wedang jahe untuk memulai hari.

5) Kacang-kacangan

Dalam bentuk apapun, mau dimakan langsung atau dengan cara dihaluskan, kacang-kacangan sangat baik untuk meningkatkan kadar protein pada diet yang Anda lakukan. Serta dapat menambahkan beberapa lemak esensial ke dalam makanan Anda ketika sakit.

Dr. Adams mengatakan, “Lemak esensial dapat membantu kulit dan selaput lendir tetap sehat, yang membantu menangkal penyakit masuk ke tubuh Anda,” Ia juga menambahkan, “Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung vitamin D, zinc, dan selenium tinggi, yang semuanya merupakan bahan utama untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.”

(yms/adr/dtc)

Reporter : Yms/adr/dtc
Editor : Chell


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->