Connect with us

HEADLINE

Lagi Dievakuasi dari Banjir, Warga Sekadau Melahirkan di Atas Perahu Karet

Diterbitkan

pada

Tim Satgas Banjir Marinir TNI-AL bersama tenaga kesehatan Puskesmas Sekadau membantu proses persalinan seorang ibu di atas perahu karet yang mengapung di Sungai Kapuas pada Jumat (19/11/2021) pagi. Foto: dok. Satgas Banjir Marinir TNI-AL

KANALKALIMANTAN.COM, PONTIANAK – Banjir di Kabupaten Sekadau yang belum surut membuat sejumlah warga harus dievakuasi. Saat proses evakuasi yang dilakukan pada Jumat (19/11/2021) pagi, seorang warga asal Dusun Teribang, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau melahirkan di atas perahu karet.

Kejadian tersebut dibenarkan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Marhanlan) XII/Pontianak, Mayor (Mar) Anton Koerniawan yang dihubungi Suarakalbar.co.id -jaringan Suara.com. Dalam proses persalinan darurat tersebut, Febri Indah Lestari dibantu Anggota Marinir TNI AL.

Anton mengemukakan, peristiwa bermula saat anggotanya melaksanakan evakuasi warga terdampak banjir di Dusun Teribang, Desa Seberang Kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

“Saat proses evakuasi warga terdampak banjir, personel kita menemukan ada seorang ibu hamil yang kondisinya sudah cukup memprihatinkan,” kata Anton.



 

Bupati Sekadau Aron didampingi istrinya Magdalena Susilawati Aron,memberikan bantuan berupa paket perlengkapan bayi kepada warga terdampak banjir asal Dusun Teribang, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau yang melahirkan di atas perahu karet TNI AL, Sabtu (20/11/2021) siang. Foto :SUARAKALBAR.CO.ID/ Bernadetha Firnanda

Baca juga : Relawan Emergency se Banjarbaru Dibekali Teknik Dasar Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan

Melihat warga tersebut, proses evakuasi terhadap ibu hamil itu dilakukan Tim Satgas Banjir Marinir TNI-AL beserta dua tenaga kesehatan dari Puskesmas Sekadau.

“Nah, dalam perjalanan menuju ke tempat yang aman, ibu hamil ini rupanya sudah tidak tahan lagi. Ia mengeluarkan tanda-tanda akan segera melahirkan,” jelas Anton.

Peristiwa yang tak disangka-sangka itu terjadi sekitar pukul 08.20 WIB. Tim pun langsung mengambil langkah-langkah membantu persalinan di atas perahu karet, tepatnya di atas Sungai Kapuas.

“Alhamdulillah, proses persalinan ibu ini berlangsung lancar. Ia melahirkan seorang putri yang sangat cantik. Seluruh Tim Satgas Banjir Marinir TNI-AL benar-benar bersyukur,” ungkap Anton penuh kebahagiaan.

 

Baca juga : Cara Pasang Iklan Ads di Tiktok untuk Melariskan Usaha, Ikuti Langkah Ini

Setelah proses persalinan selesai, tambahnya, ibu dan sang bayi langsung dibawa ke tempat yang lebih aman, agar kesehatan keduanya dapat tetap terjaga.

“Ini semua karena berkah dan rahmat dari Allah SWT, sehingga proses persalinan berjalan lancar. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara, khususnya bagi warga terdampak banjir di Sekadau,” tutup Anton.

Sementara itu, mengetahui kabar tersebut Bupati Sekadau Aron didampingi istrinya Magdalena Susilawati Aron memberikan bantuan paket perlengkapan bayi kepada warga tersebut pada Sabtu (20/11/2021) siang.

Febri saat itu hendak dievakuasi menuju Puskesmas Sekadau Hilir lantaran Puskesmas terdekat masih terendam banjir sehingga dipindahkan sementara waktu.

 

Baca juga : Kendaraan Buatan Dalam Negeri Ini Jadi Sorotan ketika Nampang di Mandalika

Setelah menyampaikan bantuan, Aron mengapresiasi dua bidan di Puskesmas Sekadau Hilir serta anggota TNI AL yang sudah membantu proses evakuasi dan persalinan warga tersebut.

“Dalam kesempatan ini pemerintah telah memberikan sedikit bantuan agar bantuan-bantuan ini bisa dipergunakan,” ucapnya.

Dirinya juga menyarakankan agar pasangan suami istri serta anaknya yang baru lahir agar tidak kembali pulang ke rumahnya sementara waktu, mengingat kondisi rumah yang masih terendam banjir.

Sementara itu, Suwandi (22) suami Febri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan kepada ia serta istri dan anaknya yang baru lahir.

“Saya juga berterima kasih kepada TNI AL dan TNI AD serta kedua bidan yang telah membantu istri saya,” katanya. (Suara.com)

Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->