Connect with us

Politik

KPU Banjarmasin Mulai Rakit Kotak Suara, Ditarget Tuntas 10 Hari

Diterbitkan

pada

Ketua KPU Kota Banjarmasin Khairunizan beserta jajaran mengundang rekan media cetak, elektronik, dan daring. Foto : Mario

BANJARMASIN, Hampir seluruh logistik perlengkapan Pemilu sudah diterima oleh KPU Banjarmasin, hanya surat suara pemilihan saja yang belum diterima.

Dan kini, KPU Banjarmasin sudah mulai merakit ribuan kotak suara Pemilu. Penyelenggara Pemilu di Kota Banjarmasin sudah melakukan perakitan 9.475 kotak suara, dan ditarget selesai dalam waktu 10 hari.

“Kita melakukan perakitan kotak suara di gudang KPU, paling lambat 10 hari sudah harus tuntas,” kata Ketua KPU Banjarmasin, Khairunnizam dihadapan rekan media cetak, elektronik, dan daring dalam rangka konferensi press dan silaturahmi, Sabtu (9/2/2019).

Perakitan kotak suara berbahan karton dupleks tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti surat edaran KPU RI No 2272 tentang Pemeliharaan dan Inventaris Logistik Pemilu 2019.

Nanti, kata Ketua KPU Banjarmasin ini, dalam 1 kotak suara tersebut akan berisi 8 item yakni, surat suara, ATK, tinta, jarum coblos, bantalan, kabel tis dan sampul.

Banyak hal yang diharapkan agar bisa sampai ke seluruh masyarakat, terutama tentang data pemilih, logistik, hingga kedatangan dan proses pelipatan surat suara. 

“Paling penting perlu menginformasikan ke masyarakat saat ini sedang berlangsung DPTb dan DPK dalam rangka pemuktahiran data pemilih. Agar masyarakat tahu akan haknya,” jelas Ketua KPU Banjarmasin

Untuk masyarakat yang punya potensi pindah tempat memilih, ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat Banjarmasin, misalnya pada hari H nanti kemungkinan berada di luar wilayah kota Banjarmasin, silakan mengurus pindah pilih atau mendapatkan formulir A5 dengan cara datang ke PPS di kelurahan atau langsung ke KPU kota Banjarmasin, bagian data pemilih.

Diharapkan masyarakat membawa e-KTP beserta kartu keluarga. Proses tahap pertama mulai pada 17 Februari nanti dan tahap akhir 19 Maret, tepat 30 hari sebelum pencoblosan. Diharapkannya agar masyarakat bisa aktif, sehingga KPU bisa melindungi hak pilih warga negara. 

Terkait surat suara, menurut jadwal KPU RI, tanggal 16 Februari nanti proses percetakan di Jawa Tengah akan selesai. Sehingga 21 Februari akan bergerak dari percetakan menuju ke Banjarmasin. Sejauh ini, berdasarkan DPT terakhir, ada 2 juta-an jumlah surat suara.

Rencana pelipatan surat suara akan dilakukan di aula FISIP ULM Banjarmasin. “Kita sudah komunikasi dengan pimpinan fakultas. Termasuk setelah pelipatan, bergeraknya kotak surat suara ke TPS nanti dari aula FISIP ULM Banjarmasin,” jelas Khairunizan. 

Sosialisasi ke sekolah menengah hingga SLB di Pelambuan dalam rangka penginformasian Pemilu juga sudah dilakukan. Sosialisasi yang diutamakan ke pemilih pemula tentu sangat penting. Mengingat dari DPT bahwa 7,8 persen adalah pemilih pemula. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share