Connect with us

Kota Banjarbaru

Kota Banjarbaru Berpredikat B SAKIP 2018

Diterbitkan

pada

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani menerima LHE SAKIP 2018 dari Menpan RB Syafruddin. Foto : humas pemkot banjarbaru

BANJARBARU, Hasil evaluasi menunjukkan Pemerintah Kota Banjarbaru memperoleh nilai 63,28 atau predikat B dari Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Hasil LHE SAKIP diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin, Rabu (6/2/).

Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk Wilayah II terdiri dari 11 pemerintah provinsi dan 151 kabupaten/kota.

Menurut Menteri PAN-RB Syafruddin, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 12 pemerintah provinsi dan 151 kabupaten/kota yang dikelompokkan dalam wilayah II berhasil menghemat Rp 22,3 triliun.

Secara Nasional, SAKIP tahun 2018 telah berhasil menghemat pemborosan anggaran sebesar Rp 65,1 triliun.

“Tujuan evaluasi adalah untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil, serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan,” beber Menpan RB.

Penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. SAKIP adalah katalisator terciptanya efisiensi melalui penguatan implementasi manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja. Tahapan penerapan SAKIP dimulai dengan menetapkan sasaran strategis pada masing-masing instansi pemerintah sesuai dengan sasaran pembangunan nasional.

“Sasaran strategis tersebut harus disertai dengan ukuran keberhasilan dan target yang jelas dan terukur, sehingga instansi pemerintah dapat menjawab keberhasilan atau kegagalan pencapaian sasaran,” pungkas Syafruddin. (bie)

Reporter: Bie
Editor: KK

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share