Connect with us

Kabupaten Banjar

Komitmen Wujudkan Smart City, Kominfo Banjar Gelar Bimbingan Teknis

Diterbitkan

pada

Kominfo Banjar menggelar Bintek Smart City Foto : net

MARTAPURA, Guna menantapkan upaya menuju smart city, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Banjar, berkumpul di pendopo di lingkungan rumah dinas Bupati Banjar di Jalan Pangeran Hidayatullah, Selasa (9/7). Mereka mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Tahap I Getakan Menuju 100 Smart City.

Pesertanya juga melibatkan elemen masyarakat Banjar antara lain dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (KISP) Banjar. Mereka menghadirkan dua orang narasumber dari Jakarta.

“Pak Nicodemus Simo. Beliau dosen Perbanas Jakarta yang sudah membimbing empat kota di Kalsel. Lalu, narsum kedua Nova Zanda, analis Sistem Informasi Kementerian Kominfo RI,” beber Kepala Dinas KISP Banjar HM Farid Soufian.

Bimtek tersebut dibuka oleh Bupati Banjar H Khilurrahman. Hadir pula Plt Sekda Banjar I Gusti Nyoman Yudiana, Kepala Bappelitbang Banjar Galuh Tantri Narindra serta mantan sekda Banjar H Nasrun Syah.

Pemerintah Kabupaten Banjar terus berusaha mewujudkan pengembangan Smart City, dan sudah menjalankan pengembangan enam dimensi Smart City walaupun tanpa dokumen masterplan Smart City. Di antaranya adalah penyederhanaan permohonan perizinan dalam satu pintu sehingga masyarakat tidak terkendala dengan birokrasi perizinan yang berbelit-belit, kemudian pengaduan berbasis media sosial melalui aplikasi LAPOR (Layanan Asprasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Aplikasi LAPOR ini untuk mempermudah pengaduan masyarakat serta tindak lanjut dan mempercepat penanganannya.

Selanjutnya, Program Penghapusan Jamban Apung dan Gerakan Bersama Realisasi Aksi Sanitasi (GEBRAK’S), yang mana program ini digulirkan untuk peningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat disekitar aliran Sungai Martapura.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan, dirinya sangat menyambut baik dan mendukung penuh terselenggaranya acara sosialisasi dan bintek tersebut.

Tentunya memiliki harapan besar melalui Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Gerakan Menuju 100 Smart City akan dapat terjalin sinkronisasi dan sinergi yang baik, khususnya antara perencanaan pengembangan Smart City yang ada di tingkat pusat dan daerah, sehingga diharapkan akan lebih cepat mendorong proses Pengembangan Smart City yang efisien dan efektif di Kabupaten Banjar.

Pemerintah Kabupaten Banjar pun memerlukan panduan agar mampu mempersiapkan dan mengimplementasikan konsep Smart City dengan baik, sesuai dengan karakter dan potensi yang dimiliki.

“Pengelolaan Smart City yang sudah dilakukan belum memiliki dokumen masterplan Smart City, dan tentunya kami berharap adanya dukungan pengembangan Smart City oleh pemerintah pusat kepada daerah dengan baik sesuai dengan karakter dan potensi yang kami miliki, sehingga Kabupaten Banjar dapat berkembang sebagai Kota Cerdas,” harapnya.(rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->