Ketua Kwarda Kalsel Buka Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

Ketua Kwarda Kalsel Buka Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka

Diterbitkan

pada

Kegiatan Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka Daerah Kalsel tahun 2018, di SPN Banjarbaru, Kamis (22//11). Foto : kwarda kalsel

BANJARBARU, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Hj Raudatul Jannah SKM membuka kegiatan Karang Pamitran, Kemah Bakti Pramuka dan Peransaka Daerah Kalsel tahun 2018, di SPN Banjarbaru, Kamis (22//11).

Hj Raudatul Jannah mengatakan, tiga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pesta kegiatan anggota Pramuka Kalsel yang positif, dan mengajak Pramuka untuk bisa bangkit dan bergotong royong.

“Saya harap kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga akan mampu mengangkat eksistensi Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan dan sekaligus kiprahnya semakin dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan Karang Pamitran adalah upaya peningkatan mutu pembina Pramuka melalui kegiatan, saling bertukar pengalaman dalam membina gugus depan. “Melalui Karang Pamitran tingkat daerah, yang menjadi tempat bertemunya para pelatih pembina Pramuka dan para pembina Pramuka se Kalimantan Selatan, dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, menambah wawasan dan mempererat persaudaraan serta persatuan, sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan kepramukaan di gugus depan dan satuannya,” ungkapnya.

Kegitan perkemahan yang diikuti oleh anggota Penegak dan Pandega yaitu Peransaka dan Kemah Bakti Pramuka adalah kegiatan yang mengarah pada peningkatan kemampuan untuk mandiri, berdaya saing dan berkarakter dalam kehidupan dan dapat menjadi inspirasi di kalangan anak muda.

Peransaka adalah kegiatan yang merupakan gabungan 11 Satuan Karya Pramuka (Saka) diikuti oleh Pramuka Penegak Pandega yang berasal dari 13 Kwartir Cabang.

“Peransaka daerah Kalimantan Selatan tahun 2018 dititik beratkan pada 3 pokok kegiatan, yakni pengenalan Saka, pendalaman krida dan kegiatan bakti yang dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan dengan berbagai aktivitas,” lanjutnya.

Sama halnya dengan Peransaka, Kemah Bakti Pramuka yang diikuti oleh anggota Penegak dan Pandega Kalsel, disesuaikan dengan usia untuk dapat menjadi garda paling depan sebagai penanggulangan bencana. Untuk itu ke depan, di harapkan akan menjadi anggota Pramuka yang siap dalam menghadapi dinamika sosial di masyarakat.

“Kegiatan yang diselenggarakan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik, sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan, yaitu pembentukan watak dan karakter yang sesuai dengan perkembangan zaman,” pungkasnya. (bie)

Reporter : Bie
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!