Keren, Kini Masyarakat Bisa Pantau Banjarbaru Lewat CCTV Online! - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

Keren, Kini Masyarakat Bisa Pantau Banjarbaru Lewat CCTV Online!

Diterbitkan

pada

Sejumlah lokasi di Banjarbaru kini bisa terpantau warga menggunakan CCTV. Foto : net

BANJARBARU, Masyarakat Banjarbaru sekarang ini bisa memantau situasi di beberapa tempat di Kota Banjarbaru misal seperti Taman Van Der Vijl, Taman Mawar, Taman Idaman, dan beberapa tempat lainnya melalui CCTV Online yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjarbaru.

Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Diskominfo Kota Banjarbaru Nor Ifansyah mengatakan, saat ini Diskominfo sudah memasang CCTV di 10 titik ruang publik yang ada di Kota Banjarbaru. “10 titik tersebut yakni Taman Gembira, Taman Mawar, Terminal Pasar Bauntung, Bundaran STM, Lapangan Murjani, Taman Van Der Vijl 2 titik, Amaco, Taman Air Mancur dan Rebatig,” katanya kepada Kanalkalimantan.com, Kamis (15/2).

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjarbaru Muhammad Maulana menambahkan, ke depannya kemungkinan akan penambahan titik lokasi penempatan CCTV, namun hal ini tergantung reaksi publik dan atasan terutama Walikota.

“Kalau ada dana kita pasti akan memperluas dan menambah titik CCTV,” ungkapnya.

Maulana menambahkan, CCTV ini dalam pemantauannya berada di bawah diskominfo. Diskominfo memfasilitasi terkait pengelolaannya, nantinya Diskominfo akan membagikan hasil pantauan kepada SKPD terkait semisal Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Kalau kami hanya memfasilitasi dan memantau untuk tindak lanjutnya diserahkan kepada instansi lain terkait, sementara kalau terjadi sesuatu di lapangan mereka itu yang akan mengeksekusinya,” ujarnya lagi.

Dia juga menyampaikan, dalam hal ini kehadiran CCTV dapat membantu meringankan tugas yang dilaksanakan oleh Satpol PP.  Dengan CCTV Satpol PP bisa langsung melakukan pemantauan terhadap ruang publik. “Walau pun nantinya Satpol PP masih tetap melakukan Patroli,” tambahnya lagi.

Foto : net

Menurutnya lagi, CCTV yang dipasang memiliki kelebihan dibanding dengan CCTV yang hanya dilihat lewat monitor saja.  Masyarakat bisa melakukan pemantauan karena bisa dikoneksikan secara online lewat internet.  Untuk bisa mengakses layanan CCTV ini masyarakat bisa masuk ke link internet yang tersedia dengan mengetikkan alamat web http://banjarbarukota.go.id/pantau.html.

Kepala Seksi Jaringan Komunikasi Data Diskominfo Banjarbaru, Teddy menyampaikan selama uji coba tidak ada keluhan dari masyakat.  Di tahun 2017 sempat dibagikan lewat fb secara live dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

Teddy menambahkan, mulanya di tahun 2017 hanya beberapa titik yang terkoneksi, namun di tahun 2018 ini sudah disiapkan website untuk melakukan pemantauan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat.

Dia juga menyampaikan CCTV yang dipasang di 10 titik ini online selama 24 jam. “Namun CCTV ini juga sangat tergantung dengan kondisi cuaca dan listrik, kalau listrik mati otomatis CCTV juga akan mati”, ujarnya.

Kepala Dinas Diskominfo Banjarbaru, Johan Arifin menambahkan Supaya link ini bermanfaat, diharap masyarakat bisa mengingat link ini sehingga masyarakat dapat memantau apa-apa saja yang terjadi di titik yang tersedia CCTV.

“Manfaat luar biasa dari CCTV ini untuk mencegah terjadi tindakan/hal-hal negatif.  Sehingga orang akan berpikir untuk melakukan hal-hal yang melanggar aturan”, tegasnya. (abdullah)

CCTV

Reporter : Abdullah
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 146
    Shares