Connect with us

Kota Banjarbaru

Kemenkes Sarankan Penggunaan Masker Ganda, Ini Penjelasan Kadinkes Banjarbaru

Diterbitkan

pada

Ilustrasi penggunaan masker. foto: dok kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan penggunaan double mask atau masker ganda di tengah kasus Covid-19 yang meningkat signifikan. Masker ganda disebut cara efektif mencegah penularan Covid-19.

Kemenkes menyebut jenis masker yang baik dikombinasikan adalah masker kain dan masker medis. Masker kain untuk layer luar dan masker medis untuk layer dalam. Pastikan masker menutup mulut dan hidung secara sempurna, sehingga tak ada celah untuk virus masuk.

“Jenis masker yang bisa digunakan di waktu bersamaan adalah masker medis dan masker kain. Kombinasi keduanya memiliki tingkat efektivitas yang baik dalam mencegah percikan droplet. Cara menggunakannya pun mudah, masker medis untuk layer dalam dan masker kain untuk bagian luar,” tulis Kemenkes RI dalam promo di media sosial.



 

 

 

“Pastikan saat menggunakan masker, mulut dan hidungmu tertutupi dengan sempurna ya. Jangan biarkan ada celah sedikitpun termasuk di bagian atas hidung, sehingga percikan droplet tidak akan masuk,”.

Terkait anjuran Kemenkes dalam penggunaan masker ganda ditanggapi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza.

Baca juga: Dari Ratusan SMA SMK di Kalsel, 30 Sekolah Siap PTM Tahun Ajaran Baru

“Kami dari jajaran Dinas Kesehatan Banjarbaru, belum mendapatkan surat untuk menginformasikan peggunaan masker ganda,” ujarnya, Jumat (25/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza menerangkan, jajaran Dinas Kesehatan atau jajaran dinas lainnya, yang penting dalam rangka penanganan Covid-19 ini adalah menjalankan protokol 5M.

Yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: UPDATE. 20.574 Kasus Covid-19 dalam Sehari, Rekor Tertinggi Selama Pandemi!

“Yang paling terpenting adalah memakai masker dengan benar, jangan sampai memakai masker dengan cara turun naik dagu dan penggunanya tidak menutup bagian mulut dan hidung secara sempurna,” jelas Kadinkes Kota Banjarbaru.

Menurut Rizana Mirza, sebaiknya memakai masker itu yang diutamakan dengan cara baik dan benar.

Memakai masker medis bila sudah lebih dari 3 jam atau 4 jam wajib diganti, dan menurut ia mengenai pemakaian masker ganda atau double itu untuk lebih meyakinkan saja.

“Memakai berlapis-lapis lebih baik juga untuk menyaring secara logika, akan tetapi kemampuan kita bernafas akan terhambat,” katanya.
(kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter : dewi
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->