Connect with us

Kota Banjarbaru

Kelurahan Cempaka Dirikan Posko Perangi Narkoba

Diterbitkan

pada

Posko Kampung Bebas Narkoba didirikan di Kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru hasil kerjasama antara Polres Banjarbaru dan Pemerintah Kota Banjarbaru. Foto: medcenbjb

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Menjadi ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kota Banjarbaru mewujudkan Kampung Bebas Narkoba.

Bertempat di Kelurahan Cempaka, sebuah Posko Kampung Bebas Narkoba didirikan dengan kerjasama antara Polres Banjarbaru dan Pemerintah Kota Banjarbaru.

Kampung Bebas Narkoba didirikan dari hasil perlombaan antar kelurahan desa di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kenakan Baju ‘Dewi Keadilan’ Abdul Latif Terisak Baca Pembelaan

Kelurahan Cempaka terpilih untuk menjalankan terobosan kreatif instruksi dari Kapolri untuk menciptakan Kampung-Kampung Bebas Narkoba di Indonesia.

“Pemilihan Kelurahan Cempaka menjadi Kampung Bebas Narkoba berdasarkan data kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya, serta data dari keresahan masyarakat,” kata Wakil Walikota Banjarbaru Wartono saat membuka Posko Kampung Bebas Narkoba di Kelurahan Cempaka, Senin (4/9/2023).

Meski disebut kota pendidikan, namun menurutnya jika melihat bonus demografi, Kota Banjarbaru memiliki bahaya narkoba yang selalu mengintai.
“Maka dengan adanya Kampung Bebas Narkoba ini dapat menjadi salah satu langkah kongkret menciptakan kota yang sehat dan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” imbuh dia.

Dia mengatakan dengan dipilihnya Kelurahan Cempaka sebagai Kampung Bebas Narkoba diharapkan dapat mengurangi kasus-kasus Narkoba. Sekaligus menjadi contoh bagi kelurahan lain di Kota Banjarbaru untuk bersama-sama menanggulangi bahaya Narkoba.

Baca juga: Temuan Tiap Bulan Dana Bansos Rp140 M Dinikmati 23,8 Ribu ASN

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu bekerja keras dalam memerangi bahaya Narkoba, demi menciptakan generasi yang sehat dan cerdas.
Tim juri yang dipimpin oleh Ernesto Saiser mengunjungi Kampung Bebas Narkoba di Cempaka untuk melakukan penilaian. Ernesto pun memberikan apresiasi tingginya terhadap komitmen seluruh elemen mulai dari Pemko, legislatif, Ormas, hingga masyarakat di Kelurahan Cempaka.

“Kita ketahui kejahatan Narkoba adalah kejahatan luar biasa yang merusak bangsa. Artinya kolaborasi lintas elemen sebagai langkah preventif dalam penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba seperti ini sangat lah penting,” kata Ernesto Saiser.

Kapolres Banjarbaru Doddy Harzah Kusuma mengatakan, Kelurahan Cempaka menjadi prioritas dalam penanganan Narkoba.

“Karena begitu tingginya kasus penyalahgunaan serta peredaran gelap barang haram tersebut, saya berharap ini merupakan langkah awal dalam membebaskan Kelurahan Cempaka dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” tutup Kapolres.

Baca juga: Desa Krisis Air di Pesisir Kabupaten Banjar, Beli Air Jirigen Cukupi Hajat Harian

Dirinya pun menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi seluruh perangkat Kelurahan dan masyarakat dalam berkontribusi mewujudkan Kampung Bebas Narkoba ini. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan " />

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->