Connect with us

Kabupaten Balangan

Karena Hamil 2 CJH Balangan Urung Berangkat Haji

Diterbitkan

pada

Calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Balangan mengikuti manasik haji sebelum berangkat ke Tanah Suci, Senin (30/5/2022). Foto: Alfi

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Hari terakhir pembekalan manasik haji Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Balangan berlangsung lancar di Masjid Al Akbar, Kecamatan Paringin Selatan, Senin (30/5/2022).

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Fahmi Wahid menyampaikan terkait perbedaan jumlah jemaah yang berangkat tahun ini.

“Jumlah jamaah yang akan berangkat tahun ini tidak sebanyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, terkait keberangkatan perlu dipersiapkan dengan baik,” kata Fahmi.

Fahmi menjelaskan, sebelum keberangkatan, calon haji tersebut telah mengikuti empat kali manasik haji tingkat kecamatan dan dua kali manasik haji tingkat kabupaten.



 

 

Baca juga: Buat Calon Jemaah Haji, Ini Barang-barang Terlarang Dibawa ke Tanah Suci

Nanti juga ada pengecekan kesehatan, diberikan bekal tata cara berhaji, SOP pesawat, kesehatan, kelengkapan dokumen, barang bawaan, dan sebagainya.

Fahmi menerangkan ada tiga orang calon haji yang tidak jadi berangkat karena hamil, serta dua lainnya dengan alasan keluarga.

Kepala Kemenag Balangan, H Saribuddin menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini. “Kegiatan manasik ini dimulai pada tanggal 25 hingga 30 Mei 2022. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujarnya.

Bupati Balangan Abdul Hadi, mengatakan, dengan selainya rangkaian pembekalan dan pelatihan pelaksanaan ibadah haji ini tidak berarti semua sudah dikuasai.

Sepanjang perjalanan nanti ketika berangkat ke Tanah Suci, selama di sana hingga saatnya kembali akan banyak hal-hal baru yang akan dihadapi.

“Kami dari pemda sangat berharap bapak ibu sekalian terus berlatih menambah ilmu secara mandiri, serta mempersiapkan diri sebaik-baiknya menyempurnakan apa-apa yang telah didapat selama mengikuti bimbingan manasik haji,” ujar Abdul Hadi.

Selesainya manasik haji ini berarti tinggal menghitung hari untuk berangkat saja. Karena itu manfaatkanlah beberapa hari yang ada sebelum keberangkatan saudara untuk menyiapkan diri dengan sebaiknya. (Kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : alfi
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->