Connect with us

Advertorial

Kalsel Siap Dorong Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Banjar

Diterbitkan

pada

Kabupaten Banjar memiliki banyak potensi wisata yang patut dikembangkan Foto: net

MARTAPURA, Pemprov Kalsel siap mendorong pengembangan pariwisata di Kabupaten Banjar yang memiliki potensi cukup besar agar lebih baik dan maju. Diharapkan, dengan upaya tersebut bisa semakin meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie di Martapura, Sabtu (28/4), di sela kunjungan dan pertemuan dengan Bupati Banjar Khalilurrahman di rumah dinas bupati untuk meminta dukungan terkait program Diklatpim I. Kedatangan Sekdaprov didampingi Tim Kelompok Kerja Ramah Tamah dalam rangka Peninjauan Lapangan Rancangan Proyek Perubahan Pengembangan Pariwisata Terpadu Berbasis Masyarakat.

“Kami diwajibkan menyusun proyek perubahan yang harus dikerjakan setiap peserta Diklatpim dan semua diaplikasikan sesuai sasaran. Kami menggarap sektor pariwisata untuk dikembangkan,” ujarnya.

Menurut Haris Makkie, pengembangan pariwisata terpadu di Kalsel dilakukan melalui pengembangan ekonomi berbasis pariwisata (Community Based Integrated Tourism Development). Ia mengatakan, sektor pariwisata sangat mudah dikembangkan dibanding sektor lainnya seperti pertambangan apalagi jika melibatkan masyarakat di sekitar lokasi pariwisata tersebut.



“Masyarakat sekitar harus dilibatkan dalam pengembangan pariwisata sehingga mereka bisa menjaga dan memelihara objek pariwisata sekaligus menikmati hasil positifnya,” ucap dia.

Menurut dia, melalui pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, setiap inovasi dan kreativitas masyarakat bisa difasilisatsi sehingga sektor pariwisata semakin maju dan berkembang. Ia mengatakan, pariwisata di Provinsi Kalsel khususnya di Kabupaten Banjar sangat banyak dan lebih bagus dibanding provinsi lain karena lengkap ada wisata alam juga wisata religius.

“Banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di Kabupaten Banjar mulai wisata alam baik panorama alam maupun sungai hingga wisata religius mengunjungi makam ulama besar,” ujarnya.

Bupati Banjar Khalilurrahman sangat mendukung program pengembangan pariwisata yang disiapkan Pemprov Kalsel melalui pemberdayaan masyarakat di sekitar objek wisata. “Programnya bagus sekali dan kami berharap bisa diwujudkan sehingga selain bisa memajukan sektor pariwisata juga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.(hendera/hms)

Reporter: Hendera/hms
Editor: Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->