Connect with us

HEADLINE

Jokowi Tak Hadir Haul ke-14 Guru Sekumpul, Prabowo Direncanakan Datang Besok!

Diterbitkan

pada

Polisi mengantisipasi pengamanan dan kelancaran kedatangan jamaah Haul Sekumpul Foto: rico

BANJARMASIN, Sejumlah tamu penting hadir di acara Haul ke-14 Guru Sekumpul, Minggu (10/3). Di antaranya adalah kontestan Pilpres 2019. Namun, hanya Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto yang dikabarkan akan hadir. Sedangkan Capres sekaligus Presiden RI Joko Widodo, dipastikan tidak hadir pada haul kali ini.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Kalsel, Ghimoyo mengatakan, Capres No Urut 01 Jokowi memilih tidak hadir untuk menjaga suasana kegiatan Haul Guru Sekumpul tetap khusyuk dan sakral. Sebab bagaimanapun, kedatangan Jokowi akan menimbulkan nuansa politik dan sulit menghindari pro kontra. “Jokowi memilih tidak hadir supaya suasana tetap khusyuk dan sakral,” katanya.

Sebelumnya, pada kegiatan Haul ke-13 Guru Sekumpul Tahun 2018 lalu, Jokowi hadir untuk mengikuti kegiatan di hari puncak. Ketika itu, Jokowi datang Minggu (25/3/2018). Mengenakan jas dan sarung biru, Jokowi berjalan kaki menuju lokasi acara. Ikut mendampingi rombongan ketika itu, Kapolri, panglima TNI, Pangdam dan juga Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Di sisi lain, Sekretaris Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Kalsel, Nachwan membenarkan jika capresnya, Prabowo Subianto akan hadir di acara haul. “Insyaallah Pak Prabowo hadir. Tidak ada agenda lain khusus menghadiri agenda itu saja,” katanya.

Koordinator BPD Prabowo-Sandi Kalsel, Lutfi Syaifuddin menegaskan terkait rencana kedatangan Calon Presiden Nomor Urut 02, pihaknya tak ada persiapan khusus. Mengingat Prabowo akan hadir sebagai jamaah. “Tidak ada persiapan khusus, datang sebagai jemaah saja,” kata Lutfi.

Dia juga belum memastikan apakah Prabowo akan datang menggunakan pesawat pribadi atau menggunakan penerbangan umum. Soal akomodasi penginapan selama berada di Kalsel, Lutfi juga belum dapat memastikan walaupun rencananya Prabowo akan bermalam satu malam di Banjarmasin atau Banjarbaru. “Untuk penginapan masih dirapatkan,” kata Lutfi.

Sumber Kanalkalimantan.com, Prabowo akan datang besok. Sedangkan untuk penginapannya masih belum dipastikan, apakah akan menginap di Hotel Golden Tulip Banjarmasin atau Novotel Banjarbaru. Yang jelas, rencana kedatangan Prabowo tersebut telah diantisipasi polisi saat gelar pasukan tadi pagi.

Polda Kalsel bersama jajaran serta instansi teknis, relawan haul, dan petugas medis menggelar apel kesiapan pengamanan Haul ke-14, Al Alimul Al Allamah Al Arif Billah KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, Jumat (8/3) pukul 08.00 Wita. Dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani, apel kesiapan ini dihadiri langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor,  Wakapolda, Pejabat Utama Polda, Kapolresta serta Kapolres, Danrem 101/Antasari, Bupati Banjar, DPRD Kabupaten Banjar,  dan tamu lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolda Yazid mengatakan apel dalam pelaksanaan pengamanan haul Guru Sekumpul yang ke 14 ini, berharap kepada seluruh personil TNI/Polri dan instansi terkait serta relawan yang terlibat, untuk saling mendukung dan berkoordinasi.

“Kita ketahui bersama bahwa kegiatan haul Guru Sekumpul ini mengalami peningkatan jika dilihat dari jumlah jamaah yang hadir dari tahun ke tahun. Melihat banyaknya jumlah yang hadir tersebut tentu saja berimplikasi kepada peningkatan hazard dan kerawanan terhadap gangguan Kamtibmas sehingga diperlukan kesiapan anggota di lapangan untuk mengantisipasinya,” ujarnya.

Rencananya, pengamanan akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 9- 11 Maret 2019 dengan melibatkan personil baik dari wilayah Kabupaten Banjar maupun TNI. Serta melibatkan pasukan dari unit terdekat, utamanya untuk menjaga keamanan ketertiban dan kelancaran dan kemacetan lalu lintas. Termasuk pengamanan rute jalur hingga pengaturan parkir mobil pada sekitaran wilayah penyelenggaran Haul Abah Guru Sekumpul nantinya.(rico)

Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
Advertisement