Connect with us

Kota Banjarbaru

Jelang Subuh Si Merah Membara di Cempaka, 29 Rumah Terbakar

Diterbitkan

pada

Kebakaran di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yang menghanguskan 29 rumah warga pada subuh Senin (16/9). Foto : rico

BANJARBARU, Jelang azan subuh, kebakaran hebat terjadi di Jalan Mistar Cokrokusumo, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Senin (16/9) sekitar pukul 04.40 Wita. Sedikitnya tercatat ada 29 rumah warga ludes terbakar ketika sebagian warga bersiap hendak menunaikan shalat subuh.

Dari pengakuan warga sekitar, Fani (26), kebakaran terjadi sekitar pukul 04.40 Wita. Saat itu, api sudah melahap rumah warga sebelum datangnya petugas Damkar.

“Besar apinya saat itu. Sebelum petugas datang, sudah ada kurang lebih 9 rumah yang terbakar,” katanya kepada Kanalkalimantan.com.

Kebakaran terjadi di lokasi pemukiman padat penduduk yakni di RT 04/02, RT 05/02 dan RT 07/03.



Untuk memadamkan api yang sudah semakin meluas, petugas Damkar pun turut mengerahkan armada yang cukup banyak baik dari tim gabungan kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan pihak BPBD.

Salah satu rekanan Damkar Banjarbaru, Muhammad Zaini, mengakui pihaknya cukup kesulitan memadamkan api. Lantaran bangunan yang terbakar terus bertambah. Apalagi, persedian air yang terbatas dan angin yang cukup kencang membuat relawan harus berkerja lebih ekstra.

“Api terus membesar, jadi kita minta tolong dari petugas yang di luar daerah untuk membawa tangki lebihan karena stok air yang kami bawa terbatas. Sebagai alternatifnya kami juga mengisi tangki air dari hydrant di dekat SMKN 3 Kota Banjarbaru dan di Komplek Kelapa Gading,” katanya.

Kurang lebih 2 jam api berhasil dikuasai oleh petugas. Meski begitu, puluhan rumah tak bisa diselamatkan dalam peristiwa subuh dini hari ini.

“Ada 29 rumah yang terlalap api baik itu kondisinya yang 100 persen terbakar maupun juga yang bangunan rumahnya terbakar sebagian,” lanjut Zaini.

Belum diketahui berapa total kerugian materil dalam kejadian ini. Sedangkan, dari sejumlah pengakuan warga sekitar, asal muasal api diduga berasal dari korsleting listrik salah satu rumah warga. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->