Connect with us

Kota Banjarbaru

Jadi Nanang-Galuh Itu Tidak Ada Matinya, Apa Saja Kegiatannya?

Diterbitkan

pada

BANJARBARU, Banyak hal bisa dilakukan untuk berbagai dengan sesama. Di antaranya melalui wadah organisasi. Seperti dilakukan para Nanang dan Galuh Kota Banjarbaru yang tergabung dalam Pawadahan Nanang Galuh Kota Banjarbaru (PNGB). Para almumni ajang pemilihan putra-putri daerah ini, berhimpun melakukan aksi sosial guna membantu sesama yang membutuhkan.

Maria Bella Caritas Jim Mawinei, atau yang lebih akrab disapa Bella, merupakan Galuh Favorit 2017 dan wakil 4 Galuh Banjarbaru. Karena itu, putri kelahiran Banjarmasin ini tergabung dalam organisasi PNGB ini.

Menurut Bella, wadah tersebut memiliki banyak keseruan dan keunikan. Tidak hanya berkecimpung di kegiatan yang berkaitan dengan wisata, namun juga dengan hal-hal yang berbau sosial dan juga kepemudaan. ”Misalnya seperti program kerja kami PATUNG (Pakaian untuk Negeri). Program ini ditujukan bagi masyarakat yang masih memiliki pakaian layak pakai namun jarang dipakai, lalu mau mereka sumbangkan bisa dikumpulkan melalu kami,” terangnya.

Bella dan rekan-rekannya di PNGB melakukan sosialisasi di mana saja. Pada setiap agenda rapat, mereka membahas mengenai penugasan serta kegiatan yang nantinya melibatkan Nanang Galuh.

”Banyak yang dibahas dalam organisasi ini, seperti tentang pariwisata, program kerja apa yang akan digiatkan ke depannya seperti apa,” imbuhnya.

Berbagai kegiatan yang dilakukan para almuni Nanang Galuh Banjarbaru melalui wadah PNGB. Foto: dema

Lapangan Murjani, Minggu Raya, Taman Van Der Pijl merupakan beberapa lokasi wisata ‘murah meriah’ yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Banjarbaru.

”Untuk yang lagi hits sekarang yaitu Danau Seran dan Danau Caramin yang ada di Guntung Manggis,” ujarnya.

Pawadahan Nanang Galuh Banjarbaru juga melakukan kegiatan sadar wisata. Tiap bulannya, mereka bergotong royong membersihkan sampah-sampah bekas makanan/minuman yang dibuang sembarangan di tempat-tempat wisata.

”Tugas pokok Nanang Galuh ini memperkenalkan dan mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di Kota Banjarbaru. Untuk penyambutan tamu-tamu penting, apeksi, juga salah satu tugas kami. Intinya kami menjadi ujung tombak dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap pariwisata, khususnya yang ada di Kota Banjarbaru,” beber penyuka drama Korea, Goblin (Uncontrollaby Fond) ini.

Bella mengaku merasakan hal-hal positif yang ia dapatkan dengan bergabung di organisasi PNGB ini. ”Imbasnya sih jadi mendapatkan banyak teman baru yang sama visi-misinya. Selain itu jelas dapat pengalaman baru juga yang bisa saya bagikan ke orang-orang disekitar saya,” pungkasnya. (dema)

Advertisement
Komentar

Headline

Trending