Indeks Reformasi Birokarsi Ketegori B, Pemprov Genjot Peningkatan Nilai SAKIP - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Indeks Reformasi Birokarsi Ketegori B, Pemprov Genjot Peningkatan Nilai SAKIP

Diterbitkan

pada

Workshop SAKIP untuk meningkatkan nilai reformasi birokrasi di Kalsel Foto : mario

BANJARMASIN, Pemerintah Provinsi Kalsel telah menyusun road map reformasi birokrasi tahun 2018-2021 melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 tahun 2018 tentang road map reformasi birokrasi pemerintah Provinsi Kalsel 2018-2021. Peraturan ini diharapkan menjadi dasar dan acuan untuk melanjutkn tren peningkatan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi  di lingkungan pemerintah provinsi Kalsel.

Dari laporan hasil evaluasi yang dilaksanakan Kementrian PAN RB Republik Indonesia, Indeks Reformasi Pemprov Kalsel tahun 2017 adalah 64,93 dengan kategori B. Nilai ini meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu 59,91 yang juga masih dengan kategori B.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan bahwa hal ini harus diperhatikan. Bahwa naik dan turunnya indeks reformasi birokrasi sangat tergantung pada aksi yang dilaksanan pemprov Kalsel untuk merespon ketentuan dan evaluasi yang telah dilakukan oleh Kemenpan RB.  Mengingat masih ada 7 kabupaten yang nilai sistem akuntibilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) masih CC.

H Siswansyah selaku Plh Sekdaprov Kalsel mengatakan, workshop SAKIP menempatkan Tapin dan Batola karena RPJMD kedua kabupaten ini masih baru. “Kalau Barito Kuala kan satu tahun terpilih bupati dan wakil bupati, lalu mereka membuat RPJMD. Kemudian Tapin juga baru dilantik, malah tahun 2018. Nah inilah yang memudahkan kita mengevaluasi terhadap 8 area perubahan” jelas mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Kalsel.

Bupati Tapin, Arifin Arpan pun menyampaikan bahwa mereka aka melakukan perbaikan untuk pencapaian target ke depannya. Hal ini juga supaya apa yang menjadi keinginan dan tanggung jawab dari kabupaten Tapin kepada Kemenpan terlaksana dengan baik.

”Sebetulnya secara rutin sudah kita lakukan, bagaimana pun kegiatan ini sangat bagus untuk kita kabupaten kota, termasuk Tapin sendiri. Apa yang yang disarankan kepada kita, sudah kita lakukan, mungkin kita perbaikan saja nanti. Tadi kan ada yang kurang berkaitan dengan pelaporan, akan kita siapkan” jelasnya.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan