Connect with us

Kota Banjarbaru

Hasil Riset ITB, Banjarbaru Raih Penghargaan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021!

Diterbitkan

pada

ITB menetapkan Banjarbaru meraih dua ketegori penghargaan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan riset terkait Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2021. Hasil penilaian dari universitas ternama itu menetapkan Kota Banjarbaru sebagai daerah yang berhasil menyabet dua kategori penghargaan.

Kesuksesan Kota Banjarbaru yang berhasil menyabet penghargaan itu diumumkan pada acara penutupan RTDI dan RKCI 2021 yang diselanggarakan secara virtual di rumah dinas Wali Kota Banjarbaru, Senin (27/12/2021). Wali Kota Aditya Mufti Ariffin turut mengikuti jalannya acara didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Iwan Hermawan.

Adapun Kota Banjarbaru yang masuk dalam klasifikasi kota sedang meraih predikat dari dua kategori penilaian. Yakni sebagai Kota Tangguh (Resilience City) dan Kota Dengan Energi Cerdas.

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menjelaskan penelitian yang dilakukan ITB bertujuan memotret kesiapan digital kota dan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota. Oleh karena itu, dirinya mengaku bersyukur bahwa tahun Banjarbaru berhasil meraih dua kategori penghargaan sekaligus.



 

 

“Alhamdulillah, kita perlu berbangga dengan capaian ini. Karena hasil penelitian yang dilakukan ITB ini nantinya akan dijadikan sebagai acuan bagi tata kelola kota di Indonesia,” katanya.

 

 

Tak sampai di situ, Aditya juga mengungkapkan bahwa penghargaan Kota Tangguh dan Kota Dengan Energi Cerdas menjadi bukti keseriusan Pemko Banjarbaru dalam mewujudkan Smart City. Yani sebuah visi pengembangan perkotaan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi beserta teknologi internet.

“Kami berkomitmen mengembangkan Kota Banjarbaru seiring dengan kemajuan era digitalisasi saat ini. Tentu untuk mewujudkan hal itu memerlukan dukungan dan kerjasama semua pihak. Semoga capaian ini bisa lebih ditingkatkan,” tuntasnya.

RKCI merupakan program yang sudah dijalankan sejak 2015 dan terus dilaksanakan setiap dua tahun sekali. angkaian kegiatan RKCI 2021 akan diselenggarakan selama empat bulan (Agustus–November 2021) dengan rangkaian acara seminar dan riset.

Pada tahun ini digabung dengan RTDI sebagai respons perkembangan digitalisasi di Indonesia untuk turut serta dalam memajukan kota cerdas di Indonesia. Kegiatan akan dilaksanakan selama empat bulan yang berisikan berbagai kegiatan keilmuan. (kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


Uploader Terpercaya Kanal Kalimantan

iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->