Connect with us

LIPSUS RSD IDAMAN

Hari AIDS Sedunia, RSD Idaman Ajak Masyarakat Periksa Lebih Dini

Diterbitkan

pada

Poli khusus layanan konseling dibuka RSD Idaman dalam memperingati hari AIDS Sedunia. Foto:ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dalam memperingati Hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember, manajemen Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru membuka poli khusus sebagai layanan konseling mencegah penularan HIV.

 

Kepala Bagian Tata Usaha  RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana mengungkapkan bahwa pihaknya menyediakan poli Voluntary Counseling and Test ( VCT ) yang menjadi pusat layanan bagi pasien dan beberapa tenaga kesehatan yang telah menjadi konselor HIV/AIDS.

 



“Layanan ini sangat membantu para pasien. Warga Kalsel dan khususnya Kota Banjarbaru bisa mendapat konseling dan mendapat obat anti virus tersebut,” ujarnya, Kamis (2/12/2021).

 

Danny juga berpesan agar terhindar dari virus tersebut masyarakat harus waspada. Salah satunya dengan melakukan aktivitas seksual yang aman, serta menghindari penggunaan narkoba khususnya yang menggunakan transmisi melalui pembuluh darah.

 

“Kita juga tidak boleh mengucilkan atau melakukan diskriminasi terhadap pasien HIV AIDS (ODHA). Mereka berhak untuk melanjutkan hidup mereka serta memiliki kesetaraan dalam memperoleh hak akses yang sama dalam pelayanan kesehatan,” tutupnya.

 

Sebagaimana diketahui, HIV atau human immunodeficiency virus merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. (Kanalkalimantan.com/al)

 


Uploader Terpercaya Kanal Kalimantan

iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->