Connect with us

Pemprov Kalsel

Guru Wildan: Harus Mengetahui Seluk Beluk Rasulullah, Mulai Nasabnya, Kelahirannya hingga Ajarannya

Diterbitkan

pada

KH Wildan Salmam saat Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kamis (29/9/2022) malam, di Mahligai Pancasila Banjarmasin. Foto: adpim

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor berlangsung, Kamis (29/9/2022) malam, di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Pada malam ketiga bulan Maulid Nabi, mauizoh hasanah disampaikan KH Wildan Salman, Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidzul dan Ilmu Al Quran Martapura.

Tampak hadir pada maulid itu Pimpinan Majelis Dzikir Ihya Ulumuddin Gambut, Kabupaten Banjar, Habib Ali bin Abdullah Alaydrus.

Baca juga: Diduga Berkecepatan Tinggi, Xenia Terguling di Depan Gerbang ULM Banjarbaru



 

 

Kegiatan diawali dengan lantunan syair maulid dari grup habsyi Miftahurrahman asal Kurau, dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh H Muhammad Yusuf.

KH Wildan Salman menyampaikan bahwa kita ummat Islam diharuskan mengetahui seluk-beluk Rasulullah.

“Mulai dari nasabnya, hari kelahirannya, hijrahnya, hari kebangkitannya, sampai apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad kita disuruh untuk mengetahuinya. Kalau tidak mengetahui bagaimana mau mengikutinya,” ujar Guru Wildan -sapaan akrabnya-.

Guru Wildan kemudian menyebutkan dalil yang bermakna, jika kamu mencintai Ridho Allah, maka ikutilah Rasulullah, niscaya Allah SWT membalas segala amal.

Guru Wildan melanjutkan, Nabi Muhammad SAW dilahirkan di Kota Suci Makkah. Sampai sekarang, tempat kelahiran baginda nabi di sekitar Masjidil Haram masih utuh.

Baca juga: Satu Korban Lagi Ditemukan, Ini Total Jumlah Korban Longsor Tambang Emas Kotabaru

Sebelum siraman rohani dimulai, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan kesan mendalamnya akan kepemimpinan Rasulullah SAW. Paman Birin menyampaikan kemuliaan Rasulullah harus senantiasa diingat dan dihayati oleh umatnya.

“Jika bapak ibu bertanya, siapa pemimpin pemerintahan terbaik yang hadir di muka bumi ini, dia adalah Baginda Rasulullah. Siapakah panglima terbaik yang pernah hadir di muka bumi dia adalah Rasulullah, dan pedagang terbaik juga Rasulullah,” ujar Paman Birin.

Pada kesempatan ini, gubernur juga mengingatkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-29 dalam waktu dekat di Kalimantan Selatan.

“Tentu saja, kita akan kedatangan kafilah dari seluruh nusantara. Sebagai tuan rumah, saya mengajak masyarakat untuk menyambut tamu-tamu dengan baik, dengan harapan menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi mereka,” pesan Gubernur Kalsel. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter: al
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->