Connect with us

Ragam

Gulirkan Program Z-Mart, Baznas Kota Banjarbaru Berdayakan 10 Warung untuk Mandiri

Diterbitkan

pada

Program Z-Mart Baznas Kalsel di Kota Banjarbaru membantu warung usaha kecil. Foto: Ibnu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Banjarbaru luncurkan program Z-Mart dan penyerahan bantuan dana dan pelatihan dari Baznas Kalsel untuk 10 warung di Kota Banjarbaru, di Aula Linggangan Intan, Senin (18/10/2021).

Baznas Kalsel melalui Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, H Gurdani Syukur mengatakan, peluncuran Z-Mart ini sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2014 tentang pengelola zakat. Maka Baznas Kalsel melakukan pengelolaan zakat dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa menjadikan dan membantu kesejahteraan masyarakat.

“Peluncuran Z-Mart ini merupakan dari hasil rapas koordinasi antara Baznas Provinsi dan Baznas Kabupaten/Kota yang bersedia menjadi stakeholder dan mau bersinergi dalam penyaluran bantuan untuk Z-Mart ini,” ujarnya



 

 

Baca juga: Gus Muhaimin Minta Pemerintah Hapus Aplikasi Pinjol di Google Playstore dan Apple Appstore

“Kegiatan di Banjarbaru ini perdana, selanjutnya menyusul akan digelar di Kabupaten/Kota lainnya,” tambahnya.

Bentuk bantuan berupa permodalan dan renovasi tempat untuk pedagang kaki lima, khususnya yang berjualan sembako.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Banjarbaru, Hj Hafidah mengatakan, bantuan ini menjadi langkah awal dalam Z-Mart, apabila warung atau pemilik usaha berhasil mengembangkan usaha maka akan diberikan lagi beberapa bantuan.

“Bantuan yang dikucurkan Baznas di Kota Banjarbaru total keseluruhan ada Rp 5 juta, 3 juta untuk modal dan 2 juta lagi untuk renovasi tempat usaha,” jelasnya

Baca juga: Merah Putih Dilarang Berkibar di Piala Thomas, Taufik Hidayat : Pemerintah Harusnya Malu

Hj Hafidah menerangkan pihaknya akan terus memonitor warung yang mendapatkan bantuan dan akan diberikan edukasi manajemen di warung.

“Kita lihat kemajuan warungnya, diberikan sekaligus nanti didampingi membeli barang-barang untuk kemajuan usaha,” katanya..

Kedepannya Baznas Kota Banjarbaru akan meluncurkan dana untuk anak-anak yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19. Kemudian, Baznas Kota Banjarbaru akan mengelola warung-warung kecil, seperti warung gorengan, pentol dan semacamnya agar terhindar dari pinjaman yang bersifat riba agar tidak menyusahkan para pedagang kecil.

Sementara itu Sekretaris Kota Banjarbaru, Said Abdullah sangat mengapresiasi program Z-Mart Baznas Provinsi Kalsel dan Kota Banjarbaru.

“Kedepannya warung-warung di bawah Z-Mart ini bisa berkembang dengan adanya pelatihan oleh Baznas,” ucapnya

Baca juga: Bawa Pulang Piala Thomas ke Tanah Air, Berikut Daftar Lengkap Juara, Indonesia Tersukses

Sekda Banjarbaru mengharapkan kepada para penerima manfaat untuk mengelola bantuan sebaik-baiknya guna memperbaiki ekonomi keluarganya.(kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->