Connect with us

HEADLINE

Gubernur Sahbirin Serahkan DIPA Total Rp 28,08 Triliun untuk Kalsel

Diterbitkan

pada

Gubernur Kalsel memberikan DIPA ke kepala daerah se-Kalsel Foto: humas

BANJARMASIN, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2019 kepada Satuan Kerja (Satker) kementerian/lembaga dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa serta DPA Satuan Kerja Perangkat Daerah di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis ( 20/12).

Sahbirin mengatakan, penyerahan ini sebagai tindak lanjut dari penyerahan DIPA oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara beberapa waktu lalu. Selain itu, penyerahan ini juga sebagai langkah awal bagi pemerintah untuk memulai,menata dan menyusun rencana aksi kinerja untuk menghadapi tahun anggaran 2019 nanti.

“Hal ini sangat penting untuk kita perhatikan, mengingat APBN dan APBD tahun 2019 ini sebagian besar dibiayai dari sektor perpajakan, sehingga manfaar dari program dan kegiatan yang dijalankan harus kembali ke masyarakat dalam berbagai bentuk baik pembangunan secara fisik maupun layanan publik,” ucapnya.

Dikatakan Sahbirin, Presiden Joko Widodo meminta bahwa penggunaan anggaran harus memberikan manfaat yang optimal dan seluas-luasnya bagi masyarakat. ” Presiden meminta anggaran betul-betul dominan untuk kegiatan utama, bukan habis untuk kegiatan-kegiatan pendukung, seperti kebanyakan rapat, perjalanan dinas, kebanyakan honor untuk tim,” ucapnya.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Usdek Rahyono mengatakan DIPA dan Alokasi TKDD 2018 di lingkup Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah Rp 28,08 triliun. Dikatakanya, APBN Tahun 2019 mengambil tema APBN untuk mendorong investasi dan Daya Saing melalui Pembangunan (Investasi) Sumber Daya Manusia.

Menurutnya, anggaran Kementerian / Lembaga diprioritaskan untuk melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan dalam melaksanakan program pembangunan Tahun 2019 yang utama mendorong peningkatan kualitas SDM, penguatan program perlindungan sosial, percepatan pembangunan infrastruktur, percepatan reformasi birokrasi serta pemantapan desentralisasi fiskal.

Selanjutnya, anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2019 diarahkan untuk meningkatkan jumlah dan mutu layanan publik di daerah, menciptakan kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan antar daerah.

Menariknya, saat penyerahan DIPA, Gubernur juga memberikan 12 belas kabupaten kota di Kalimantan Selatan hadiah berupa dump truck dan sweeper truck. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muhammad Ikhlas Indar mengatakan, hadiah diberikan kepada seluruh kabupaten kota kecuali Kotabaru yang masuk pada penilaian tahap pertama Adipura tahun 2018.

Meskipun pihak Kementrian Lingkungan Hidup baru akan mengumumkan penerima piala Adipura pada Januari 2019 mendatang, namun menurut Ikhlas pemberian hadiah harus dilaksanakan paling lambat pada Desember. Mengingat anggaran yang digunakan adalah dari APBD tahun 2018.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor meminta seluruh pemerintah daerah yang menerima hadiah truk dari pemerintah provinsi untuk dapat meningkatkan kinerja pada bidang kebersihan. Khususnya kabupaten kota yang wilayahnya masuk sebagai etalase Kalimantan Selatan, yakni kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Sembilan kabupaten menerima dump truck sedangkan tiga kabupaten kota lainnya menerima hadiah berupa sweeper truck. Pertimbangan memberikan sweeper truck kepada kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar karena ketiganya mewakili masing – masing kategori kota besar, sedang dan kecil. (rico)

Reporter: Rico
Editor: Chelll

Bagikan berita ini!
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
-->