Gerakan Bangun Kampung Dimulai Berlatar Degradasi Adab dan Adat - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Gerakan Bangun Kampung Dimulai Berlatar Degradasi Adab dan Adat

Diterbitkan

pada

Gerakan moral dan sosial bernama Gerakan Bangun Kampung (GBK) resmi diluncurkan. Foto : rico

BANJARBARU, Gerakan moral dan sosial bernama Gerakan Bangun Kampung (GBK) resmi diluncurkan saat meramaikan suasana pagi di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Minggu (18/8).

Antusias masyarakat dalam mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan dalam launching Senam Minggu Pagi Ceria (SMPC), donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan tak ketinggalan pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung.

Dengan mengusung tema “Bangun Kampungnya, Himung Warganya”, Gerakan Bangun Kampung adalah sebuah gerakan moral dan sosial untuk membangun kepedulian terhadap kemajuan kampung baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Ketua Umum Gerakan Bangun Kampung Agustin Nur Martina Putri mengungkapkan, Gerakan Bangun Kampung terbentuk atas keinginan segelintir orang untuk menginisiasi gerakan yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat umum.

“Kami lihat masih banyak permasalahan di kampung, seperti degradasi adat dan adab. Maka dari itu, kami bentuk gerakan ini,” katanya.

Gerakan Bangun Kampung sendiri didukung penuh oleh berbagai elemen diantaranya KSR PMI Unit Universitas Achamad Yani, BEM STIT Darul Hijrah, dan Dema IAI Darussalam Martapura.

Selain itu dirinya menambahkan, melalui Gerakan Bangun Kampung mereka ingin menjadikan taraf hidup masyarakat lebih baik lagi. Dengan cara, menyelesaikan permasalahan yang ada di kampung-kampung di Kalsel.


“Kami mulai melakukan survey, kampung mana yang memerlukan kehadiran kami. Setelah itu kami eksekusi secara nyata. Kami juga menerima informasi dari masyarakat melalui medsos IG: @gerakanbangunkampung,” tambahnya.

Salah satu permasalahan yang akan mereka selesaikan salah satunya di bidang pendidikan, melalui gerakan literasi bekerja sama dengan dinas terkait. “Bukan hanya itu, kami juga bisa mengajari masyarakat mengaji untuk meminimalisir degradasi adab,” pungkasnya. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan