Gempa 7.0 SR Kembali Guncang Lombok Timur - Kanal Kalimantan
Connect with us

Bencana

Gempa 7.0 SR Kembali Guncang Lombok Timur

Diterbitkan

pada

Gempa berkekuatan 7 SR kembali mengguncang Lombok Foto: net

Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pusat gempa berada di timur laut Lombok Timur.

“Info gempa magnitudo 7,0 (SR), 19 Agustus 2018, pukul 21:56:27 WIB,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Minggu (19/8) dilansir detik.com.

Sutopo mengatakan titik gempa berada di koordinat 8,28 Lintang Selatan dan 116,71 Bujur Timur atau 30 KM timur laut LOmbok Timur. Pusat gempa berada di kedalaman 10 KM. “Kedalaman 10 KM,” ujar dia.

Sutopo belum menerangkan dampak dari guncangan tersebut. Dia juga belum mengumumkan guncangan itu berpotensi menimbulkan tsunami atau tidak.

Gempa ini melengkapi rangkaian gempa yang terjadi pada hari ini. Tadi siang dua gempa, masing-masing berkekuatan 5,4 dan 6,5 terjadi hanya dalam selang wakyu 4 menit. Warga di Mataram berhamburan keluar rumah, begitu pula para pengungsi yang masih tinggal di tenda-tenda pengungsian di Lombok Timur dan Lombok Utara. Gempa berkekuatan 7 juga terakhir kali terjadi pada 9 Agustus 2018. Gempa ini menyebabkan ratusan rumah dan bangunan rusak. BPBD NTB mencatat hingga saat ini, sekitar 483 orang meninggal dunia sejak gempa berkekuatan besar terjadi sejak 29 Juli. (cel/net)

Reporter: Cel/net
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan