Gelar Operasi KTP 1 Jam, Satpol PP Banjar Jaring 67 Orang Tanpa Identitas - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Gelar Operasi KTP 1 Jam, Satpol PP Banjar Jaring 67 Orang Tanpa Identitas

Diterbitkan

pada

Operasi KTP yang digelar petugas gabungan di Pemkab Banjar Foto : rendy

MARATAPURA, Operasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) selama satu jam di Gedung Juang Martapura Jalan A Yani Km 39 oleh gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Polisi, TNI , Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Banjar dan Kejaksaan Negri Kabupaten Banjar,  berhasil menjaring sebanyak 67 orang tanpa identitas, Rabu (12/8).

Menurut Kepala Satpol PP Kabupaten Banjar H Ahmadi, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mempunyai kepemilikan Kartu Tanda Penduduk.

“Sesuai Perda Kabupaten Banjar Nomor 2 Tahun 2012, bagi masyarakat yang melitas di jalan Kabupaten Banjar yang melalui penjagaan mereka wajib kami periksa KTPnya. Sedangkan sanksinya adalah bagi yang tidak bisa menujukan akan langsung disidang di tempat,” jelas Ahmadi.

Sanksi administratif berdsarkan Pasal 86, Setiap penduduk sebagaimana dimaksud dalam pasal 13 Ayat (3) yang bepergian tidak membawa KTP dikenakan denda sebesar Rp 50.000.

“Kita hanya melakukan razia selama satu jam dan berhasil menjaring sebanyak 67 masyarakat yang tidak bisa menunjukan KTPnya dengan alasan yang beragam seperti ketinggalan, hilang dan memang tidak memiliki KTP,” ujarnya.


Ahmadi juga menambahkan penyelenggaraan operasi administrasi kependudukan ini merupakan satu-satunya yang pernah diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan. Sehingga mengharapkan bagi masyarakat yang sudah memang wajib memiliki KTP namun masih belum memiliki untuk bisa sesegeranya mengurus KTP mereka masing-masing mengingat kepemilikannya wajib dan penting untuk diri mereka sendiri.

“Kita satu-satunya Kabupten/Kota di Kalsel yang menyelenggarakan operasi kepemilikan KTP, mengingat KTP itu sangat penting baik untuk kepentingan pribadi dan orang banyak, manfaatkanlah pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil di daerahnya masing-masing,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Ediotr : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan