Connect with us

Kabupaten Balangan

Gedung PN Paringin Hampir Rampung, Tahun Depan Bisa Dipergunakan

Diterbitkan

pada

Pembangunan gedung Pengadilan Negeri Paringin. Foto: Alfi

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Pembangunan gedung kantor Pengadilan Negeri Paringin hampir rampung, bangunan ditargetkan siap pakai tahun depan.

Berlokasi pinggir Jalan A Yani, Km 4,5 Kelurahan Batu Piring, Kota Paringin, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berdiri bangunan besar bercat putih dengan paduan cokelat yang kokoh.

Kontrak kerjakan oleh PT Putra Nangroe Aceh dimulai sejak Juli lalu hingga Desember 2021. Pelaksanaan pembangunan tahap empat itu telah merampungkan bangunan utama, serta tata ruang Pengadilan Negeri Paringin hingga 90 persen.

Dari pantauan Kanalkalimantan di lokasi pekerjaan, Kamis (4/11/2021), fokus pekerja sibuk pada pembangunan dinding penahan tanah (DPT), disamping bangunan gedung utama yang nantinya juga akan menjadi siring.



 

Baca juga : 6 Tim Berlaga di Kejurprov Baseball Kalsel 2021

Diketahui gedung Pengadilan Negeri Paringin didesain sebagaimana instruksi dan persetujuan dari Mahkamah Agung yang telah dikantongi oleh Dinas PUPR Kabupaten Balangan. Segala tata ruang bangunan sudah disesuaikan dan diolah serupa sebagaimana prototipe Pengadilan Negeri di seluruh Indonesia.

Berdiri pada lahan kurang lebih 5 ribu meter, gedung Pengadilan Negeri Paringin dibuat menjadi dua tingkat. Selain itu, tersedia halaman yang cukup luas.

Menurut Plt Kepala Dinas PUPR Balangan, Rahmadiah, pembangunan gedung PN Paringin sudah dianggarkan hingga tahap empat. Apabila memungkinkan, pada 2022 dianggarkan untuk penyelesaian.

Pada pelaksanaan paket proyek tahap empat ini, progres pembangunan sudah mencapai 65 persen. Adapun fokusnya pada bangunan dan siring yang juga berfungsi untuk penahanan tanah.

 

Baca juga : Disebut Terlibat Bisnis Tes PCR, Luhut: Saya Tidak Pernah Ambil Keuntungan Pribadi

Ditambahkan oleh Kasi Pembangunan Gedung, Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Herbet Sihombing, pada tahun berikutnya akan diprioritaskan penambahan interior serta pembangunan fasilitas pendukung, seperti pos jaga, musholla dan lainnya.

“Ke depan, kami akan konsen pada interior. Tapi saat ini masih pengerjaan bangunan dan dinding penahan tanah,” ucap Herbet.

Anggaran untuk kontrak pengerjaan pembangunan Kantor Pengadilan Negeri Paringin saat ini pada angka Rp 6.277.300.000. (kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : Alfi
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->