Connect with us

Kota Banjarbaru

Fasilitas Pasar Bauntung Banjarbaru Terus Dilengkapi, Bikin Pengunjung Betah Belanja!

Diterbitkan

pada

Kondisi Pasar Bauntung Banjarbaru yang ramai pengunjung. Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sejak beberapa bulan terakhir, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru getol melengkapi sarana dan prasarana di Pasar Bauntung Banjarbaru. Hal ini guna menunjang kenyamanan aktifitas jual beli pengunjung di pasar berkonsep tradisional modern tersebut.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di Pasar Bauntung ini diantaranya, tersedianya WiFi Gratis, Layanan Kesehatan Gratis, hadirnya e-Commerce atau Market Place, serta di Pasar Bauntung mulai menerapkan pengolahan sampah organik dan pengurangan kantong plastik.

Pemko Banjarbaru juga menghadirkan Kantor Kas Bank Kalsel yang memberikan pelayanan refresentatif. Beberapa saran dan prasarana yang sudah tersedia tersebut, bertujuan untuk mengoptimalkan operasional pasar dan menambah kenyamanan untuk terjadi transaksi jual beli.

 



Baca juga  : DPRD Kapuas Gelar Pelantikan PAW 2019-2024 Wakil Rakyat dari PPP

Terlebih Pasar Bauntung Banjarbaru sudah memperoleh sertifikat Internasional Standardization Organization (ISO) atau Standar Nasional Indonesia (SNI) kategori A, pada bulan Desember 2021 silam. Dengan memilik sertifikat tersebut Pasar Bauntung menjadi salah satu lokus (tempat) dalam acara APKESI Wilayah V Regional Kalimantan 2022.

Memang dalam perjalanannya, Pasar Bauntung Banjarbaru sudah melalui lika liku saat perpindahan dari Pasar Bauntung yang lama ke yang baru, hingga pasar tersebut sudah mulai ramai pedagang yang berjualan dan pengunjung yang berdatangan.

“Kedepannya akan dibuka kembali untuk umum bagi para pedagang yang berminat berjualan di Pasar Bauntung, kita akan melakukan seleksi kembali untuk menambah aktifitas jual beli,” Ujar Kepala Dinas Perdagangan melalui Kepala Bidang Penglolaan Pasar, Soegiantoro, SE., MM, Kamis (24/11/2022).

Baca juga  : ‘Pulau’ Sampah dan Eceng Gondok di Bawah Jembatan Pasar Lama Dibersihkan

Lanjut Soegiantoro, dirinya menjelaskan bahwa selain adanya layanan Kesehatan Gratis yang diadakan setiap sebulan sekali, kedepan Pemerintah kembali menghadirkan beberapa inovasi terbaru.

“Bapak Adi Royan Kepala UPT Pasar sudah menghadirkan permainan anak-anak setiap Sabtu dan Minggu untuk meramaikan pasar. Dan akan menjalin kerjasama kepada PLN terkait pengelolaan sampah, dan budidaya ulat maggot yang dihasilkan dari sampah,” tambahnya.

Diinformasikan, Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru setiap tahun sekali telah menggelar kegiatan Sidang Tera Ulang Alat UTTP (Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya), dengan tujuan agar memastikan kebenaran hasil ukuran dan takaran pada timbangan guna memberikan perlindungan konsumen serta para penjual agar tertib ukur.

Diketehui, ditargetkan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pasar Bauntung Banjarbaru diangka Rp 2 miliar, hingga akhir tahun 2022. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->