Connect with us

Hukum

Enam Bulan, Polda Kalteng Amankan 2,5 Kg Sabu dari 336 Tersangka

Diterbitkan

pada

Polda Kalteng mengamankan 2,5 kg lebih narkoba selama 6 bulan Foto; net
Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

PALANGKARAYA, Sejak Januari hingga pertengahan Juni ini, Direktorat Polda Kalteng berhasil menyita narkoba jenis sabu-sabu seberat 2.582,08 gram (2,5 kg lebih) dari 336 orang yang berperan sebagai bandar ataupun pengedar.

“Kalau untuk penanganan kasusnya berjumlah 270, dan tidak menutup kemungkinan perkara tersebut akan bertambah dan penindakan akan terus dilakukan petugas,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kalteng Kombes Pol Wijonarko melalui Kabag Binopsnal AKBP Haryono di Palangka Raya, Kamis (20/6).

Dilansir kantor berita Antara, selain kasus sabu-sabu, dalam enam bulan ini kasus yang paling banyak ditangani yakni penindakan obat karisoprodol atau carnophen sebanyak 3.206 butir, obat daftar G merk dextro sebanyak 325 butir, dan berbagai obat merk lainnya dengan jumlah 700 butir.

Untuk kasusnya kasus yang ditangani ada delapan kasus, sedangkan tersangkanya berjumlah sembilan tersangka dan dikenakan Undang-undang kesehatan. Sedangkan kasus pil ektasi ada satu kasus dan tersangkanya satu orang dan kasus minuman keras (miras) ada dua kasus dan tersangkanya juga dua orang.

“Apabila di totalkan semua tersangka dari berbagai kasus narkotika itu, orang yang berhasil kami tindak berjumlah 348 orang tersangka, bahkan diperkirakan sebagian tersangka sudah ada yang menjalani persidangan bahkan vonis mengenai perkaranya sampai saat ini,” beber Haryono.

Perwira berpangkat melati dua tersebut menegaskan, dari 348 orang yang ditindak tegas pihaknya untuk usaia ada 16-19 tahun ada 14 orang, 20-24 tahun berjumlah 61 orang 25-29 tahun berjumlah 60 orang dan umur 30 tahun berjumlah 231 orang.

Dia mengatakan melihat dari pekerjaannya kebanyakan pekerja swasta sebanyak 190 orang, wiraswasta 77 orang, buruh 23 orang, Ibu Rumah Tangga (IRT) 14 orang, mahasiswa 13 orang, petani 12 orang, pengangguran 12 orang, honorer empat orang, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dua orang dan pelajar satu orang.

“Selain narkoba yang kami sita, penyidik juga menyita uang sebesar Rp189.785.000, 250 buah handphone, 51 timbangan sabu, 92 unit kendaraan roda dua, 14 unit kendaraan roda empat, 98 alat hisap sabu,” bebernya.

Ia menambahkan, dari jumlah tersebut dua pengungkapan kasus narkoba ganja satu kilogram dan bandar 59 paket sabu serta 15 pil ektasi yang baru ditangkap beberapa hari ini belum dimasukan datanya karena masih dalam tahap pengembangan perkara tersebut.  “Namun dalam waktu dekat ini juga akan kami masukan data untuk pelaporan bulanannya seperti yang ada saat ini,” demikian Haryono.

Oknum ASN Terlibat Kepemilikan I Kg Ganja

Sebelumnya, Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalteng usai menangkap pria berinisial RZ (38) karena kedapatan mengambil ganja 1 kg yang dipaketkan melalui jasa pengiriman JNE di Jalan Seth Adji Kota Palangkaraya, kembali mengamankan empat orang lainnya yang masih ada sangkut pautnya kepemilikan ganja tersebut.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->