Connect with us

Kabupaten Banjar

Dua Tahun Tak Ada, Pasar Wadai Ramadhan di Martapura Hadir Kembali

Diterbitkan

pada

Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat menghadiri pembukaan Pasar Wadai Ramadhan 1443 Hijriyah. Foto: mcbanjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Pasar Wadai Ramadhan Kabupaten Banjar hadir dengan 40 stand yang menyuguhkan aneka menu takjil khas berbuka puasa, di Jalan Kenanga, Alun-alun Ratu Zalecha Martapura.

Setelah dua tahun tak dibuka akibat pandemi, pasar wadai memeriahkan bulan puasa warga Kabupaten Banjar.

Masyarakat tampak antusias pada hari pertama pembukaan Pasar Wadai Ramadhan, Minggu (3/4/2022) sore. Masyarakat tampak mengenakan masker berdatangan dan berbelanja beberapa kuliner atau wadai khas yang ada hanya pada saat puasa.

Melihat antusias warga berkunjung ke pasar wadai di hari pertama ini, Bupati Banjar, Saidi Mansyur mengaku senang. Karena menurutnya kuliner atau wadai merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Banjar.



 

 

Baca juga: Giat Cipta Kondisi, Polsek Liang Anggang Amankan Empat PSK di Jalan Kenanga

“Sudah pasti pasar wadai Ramadhan tahun ini sangat dinantikan oleh masyarakat, karena hanya di sini tempatnya masyarakat menemukan beraneka pilihan dan ragam rasa, wadai tradisional khas Banjar, dan hanya bisa dijumpai pada saat bulan puasa saja,” ucap H Saidi Mansyur, saat pembukaan resmi Pasar Wadai Ramadhan 1443 Hijriyah.

Untuk itu, ujar Saidi kuliner atau wadai harus terus dilestarikan dan digali kembali sebagai salah satu khazanah budaya Banjar.

“Event ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian dan menjadi sarana kegiatan publik masyarakat selama bulan Ramadhan,” harap Saidi.

Saidi Mansyur juga mengatakan akan melakukan evaluasi pasar wadai ini di tahun mendatang, jika terdapat kekurangan adan dibuat semakin menarik.

Para penjual takjil sendiri terdiri dari 20 pelaku usaha dari Perusda Pasar Bauntung Batuah dan 20 UMKM binaan dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar.

Salah satu penjual takjil Nia, mengaku senang melihat anak-anak, muda-mudi hingga para orangtua memadati stand-stand dan memburu jualan.

Baca juga: Berkah Ramadhan, Polres Barsel Bagikan Takjil Selama 30 Hari Kedepan

“Senang bisa turut serta berjualan di Pasar Wadai Ramadhan ini. Saya bersyukur sekali tahun ini dibuka, semoga dagangan saya laris manis dan pasar wadai ini setiap tahunnya akan terus ada,” ujar Nia.

Pasar temporer itu merupakan event tahunan Disbudporapar Banjar, resmi dibuka dengan ditandai pemotongan untaian melati oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas didampingi Bupati Banjar Saidi Mansyur, Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie dan Ketua I TP PKK Kabupaten Banjar Fatmawati. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->