Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

DPPPA HSU Bekali Remaja Bimbingan Kesehatan Mental dan Kesadaran Bermedsos

Diterbitkan

pada

DPPPA HSU menggelar seminar untuk menyadarkan remaja pentingnya kesehatan mental dan kesadaran menggunakan media sosial di aula DPPPA HSU, Minggu (3/12/2023). Foto: diakominfohsu

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama Forum Literasi Mahasiswa Agung (Forsima) menggelar seminar kesehatan mental dan kesadaran menggunakan media sosial kalangan remaja di aula DPPPA HSU, Minggu (3/12/2023).

Mengusung tema “Remaja Siap Mental Anti Pergaulan Bebas” diikuti peserta yang berasal dari siswa SMA dan mahasiswa yang diberikan bimbingan langsung oleh konselor Puspaga Agung Berseri DPPPA HSU.

Ketua Umum Forsima, Ahmad Aini mengatakan, seminar ini untuk meningkatkan kesadaran dan menambah wawasan tentang aspek kesehatan mental.

Baca juga: Tangis dan Takbir dalam Aksi Bela Palestina di Lapangan Murdjani

Dikatakannya, aspek kesehatan mental diantaranya, meliputi keseimbangan emosional untuk mengelola emosi secara sehat agar tidak membuang perasaan-perasaan yang negatif. Mengembangkan ketangguhan mental dan mencegah stress supaya kesehatan mental kita berjalan dengan baik. Serta menjaga hubungan sosial yang sehat dan kesadaran diri.

“Jadi, kita harus menyadari diri kita itu seperti apa dan perasaan yang bisa kita tanamkan dalam diri sendiri. Kita harus menjaga kesehatan dalam mental kita,” imbuhnya.

Ketua DPRD HSU, Almien Ashar Safari, yang hadir dalam kegiatan, memberikan gambaran tentang masa remaja untuk kawan-kawan remaja untuk menghindari pergaulan bebas.

Baca juga: Disdikbud HSU Apresiasi Lokakarya 7 Festival Panen Hasil Belajar dari Program Guru Penggerak

Menurutnya, kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola pemikiran dan juga psikologi bagi para remaja.

“Sehingga, dengan adanya seminar ini, para pelajar SMA dan mahasiswa bisa lebih menyadari dan juga lebih menggali tentang potensi dirinya,” katanya.

Dirinya berharap, para remaja bisa menggali dari potensi diri bagaimana cara memilih teman, cara bergaul yang baik dan berperilaku yang baik.

Baca juga: Waspada Terjadinya Pneumonia Akibat Mycoplasma Pneumonia pada Anak di Indonesia

“Dengan begitu, psikologi dan kejiwaan mereka bisa dikelola sendiri dan dibantu oleh lingkungan sekitar mereka. Sehingga, mereka perlu diberikan bimbingan dan juga arahan untuk cara memilih lingkungan yang baik mulai dari sekarang hingga ke masa yang akan datang,” pungkasnya.(Kanalkalimantan.com/dew) 

Reporter : dew
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email