Connect with us

Kabupaten Balangan

DPC Demokrat Balangan Dukung Wacana Perubahan Dapil

Diterbitkan

pada

Demokrat Balangan dukung wacana perubahan Dapil saat pemilu 2024. Foto : alfi

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGINKPU Balangan ajukan opsi penambahan Daerah Pemilihan (Dapil) yang mulanya tiga Dapil menjadi empat Dapil kepada KPU RI.

Pada rancangan Dapil baru tersebut, Dapil 1 meliputi Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, Dapil 2 meliputi Kecamatan Juai dan Halong, Dapil 3 meliputi Kecamatan Batumandi dan Lampihong serta Dapil 4 meliputi Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi.

Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani mengungkapkan, setelah pengumuman yang dilakukan Rabu (23/11/2022) kemarin, tahapan selanjutnya masukan dan tanggapan masyarakat.

“Kemudian uji publik rancangan penataan Dapil anggota DPRD Kabupaten oleh KPU Kabupaten, dan terakhir finalisasi dan penetapan rancangan penataan Dapil anggota DPRD Kabupaten,” ujarnya.



 

Baca juga  : BKKBN Kalsel Resmikan Dapur Sehat Atasi Stunting di HSU

Menanggapi wacana penambahan Dapil ini, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Balangan, Syamsudinoor mengaku sangat mendukung. Mengingat durasi yang tentunya dilaksanakan pada pemilu serentak ini sangat banyak.

“Dengan adanya perubahan Dapil ini akan lebih proporsional. Dengan wilayah lebih kecil, tentu pelaksanaan Pemilu lebih akuntabel, transparan dan lebih penting dalam sisi kemanusiaan, jangan sampai kejadian pemilu 2019 yang memakan korban jiwa terjadi lagi,” tuturnya.

Memang, lanjutnya, kalau secara politik maka peserta yang ikut dirugikan apabila ada perubahan Dapil, mengingat selama ini pembinaan konstituen dilakukan oleh individu kader menjadi terbagi.

“Misalnya Dapil 1 sebelumnya Kecamatan Paringin, Kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Lampihong yang sudah terkoneksi menjadi terbelah atau terpisah. Tapi demi kepentingan yang lebih besar, kami pribadi tidak mempermasalahkannya,” tukasnya yang juga merupakan anggota DPRD Balangan ini.(Kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : alfi
Editor : cell


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->