Connect with us

DKP3 Banjarbaru

DKP3 Banjarbaru Sukseskan RT Mandiri, Pokmas Berkat Mufakat Panen Ikan Papuyu

Diterbitkan

pada

Pembudidayan ikan papuyu yang dikelola Pokmas Berkat Mufakat Foto: Diskominfo Kota Banjarbaru

KANALKIMANTAN.COM, BANJARBARU – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarbaru berhasil menjalankan pengembangan budaya ikan papuyu atau ikan betok yang dikelola Kelompok Masyarakat (Pokmas) Berkat Mufakat.

Melalui Program RT Mandiri yang digalakan Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin ini, Pokmas Berkat Mufakat bahkan telah berhasil memanen ikan papuyu tersebut yang dikelola dengan sistem bioflok.

Usaha pembudidayan ikan yang berlokasi di di RT. 14/RW. 04 Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang ini 10 kolam dalam satu wilayah penangkaran.

Baca juga: Dubes Palestina: Rakyat Kami Harus Berpindah-pindah Wilayah, Kami Hanya Inginkan Perdamaian!

Diakui Ketua Pokmas Berkat Mufakat, Ahmad Yunan, pihaknya sangat bersyukur karena dengan adanya program RT Mandiri tersebut. Apalagi keterlimbatan DKP3 Banjarbaru yang telah membantu pihaknya dalam pengelolaan penangkaran ikan menggunakan sistem bioflok.

“Hasil penangkaran ikan kita ini sudah bisa diperjualkan. Satu kilonya kita hargai 70 ribu. Kita sangat bersyukur atas dukungan Pemko Banjarbaru melalui DKP3 yang juga membatu kami dalam penangkaran ikan disini,” ucapnya, Jumat (1/12/2023).

Dijelaskan Ahmad, untuk pembudidayaan papuyu pihaknya memerlukan waktu kurang lebih 9 bulan untuk panen. Ia juga mengatakan pihaknya juga telah belajar dalam pengelolaan indukan papuyu serta pembenihan ikan.

Baca juga: 161 Pesilat Berlaga di Kejuaraan Dewasa se Kabupaten Banjar KONI Cup 1

“Banyak yang telah diajarkan DKP3 Banjarbaru dalam mengembangkan usaha budidaya ikan papuyu ini. Harapan kita kedepannya kegiatan ini bisa terlanjut sehingga usaha kami masyarakat juga dapat terus bertumbuh,” tuntasnya.

Adapun pada pertengahan tahun tadi, terdapat tiga kolam yang dipanen langsung oleh Wali Kota Banjarbaru dengan total ikan seberat 150Kg.(Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email