Dispersip Banjar Kembangkan 7 Perpustakaan Desa Berbasis Teknologi - Kanal Kalimantan
Connect with us

Advertorial

Dispersip Banjar Kembangkan 7 Perpustakaan Desa Berbasis Teknologi

Diterbitkan

pada

Perpustakaan desa. Foto : net

MARTAPURA, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar membikin program pengembangan Perpustakaan Desa (Perpusdes) yang dilengkapi dengan fasilitas komputer di 7 desa di Kabupaten Banjar.

Kepala Dispersip Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan, adapun Perpusdes ini merupakan perpustakaan yang dikembangkan dengan berbasis teknologi dan merupakan Program PerpuSeru sebuah program pengembangan perpustakaan yang disupport Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation.

Tujuannya untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, serta memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Tahun 2018 Coca-Cola Foundation Indonesia akan memberikan 14 unit komputer yang nantinya diserahkan ke 7 Perpusdes,” ujar Yasna.

Ditambahkan Yasna adapun replikasi Perpustakaan Desa tahun 2018 ada 7 Desa yang telah berkomitmen seperti Perpusdes Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Perpusdes Desa Pematang Panjang Kecamatan Sungai Tabuk, Perpusdes Tambak Anyar Ilir Kecamatan Martapura Timur, Perpusdes Keliling Benteng Ulu Kecamatan Martapura Barat, Perpusdes Tambak Sirang Laut Kecamatan Gambut, Perpusdes Aluh-aluh Besar Kecamatan Aluh-aluh dan Perpusdes Aranio Kecamatan Aranio.

Jika ada masyarakat desa yang ingin mengelola dan membangun Perpusdes di wilayah masing-masing, Yasna menghimbau agar masyarakat desa mengusulkan ke Pembakal masing-masing untuk memanfaatkan dana desa.

“Bagi masyarakat yang merasa perlu dan membutuhkan keberadaan Perpusdes di desanya masing-masih mereka bisa mengusulkan ke Pembakal untuk memanfaatkan dana desa, hal itu bisa dilakukan untuk mencerdaskan anak bangsa kenapa tidak,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan