Connect with us

PUPR PROV KALSEL

Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah

Diterbitkan

pada

Bimtek Pengelolaan Air Limbah Domestik Provinsi Kalimantan Selatan 2024 yang digelar Dinas PUPR Kalsel 20 - 22 Mei 2024. Foto: MC Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Air Limbah Domestik Provinsi Kalimantan Selatan 2024 di Banjarmasin, 20 – 22 Mei 2024.

Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan air limbah domestik di Provinsi Kalimantan Selatan.

Peserta Bimtek ini diikuti oleh Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bappeda se Kabupaten dan Kota se-Kalsel.

Baca juga: Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ir Ahmad Solhan ST, MT diwakili oleh Kepala Bidang Penataan Ruang dan Pertanahan Muhammad Nursjamsi.

Nursjamsi menyampaikan bahwa pengelolaan air limbah domestik mempunyai kaitan yang erat dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya, dan kemiskinan.

“Dalam perkembangan yang begitu pesat di perkotaan, jumlah penduduk yang semakin bertambah memberikan kontribusi besar terhadap pencemaran air limbah dari rumah tangga dan industri.

Baca juga: Nurgita Tiyas Berharap Guru Dapat Lebih Cakap Digital

Hal ini berdampak buruk pada lingkungan dan pasokan air bersih masyarakat, apabila tidak diatasi sejak dini,” kata Nursjamsi, Senin (20/5/2024).

Dia mengatakan penanganan air limbah harus dilakukan secara terintegrasi dan sistematis oleh semua pihak terkait.

Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta harus saling berperan aktif dalam pengelolaan air limbah domestik, sehingga akan tercipta sistem yang sehat dan kualitas pengolahannya dapat memenuhi standar kualitas air buangan yang ditetapkan.

Baca juga: Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan air limbah.

Dia berharap melalui kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Air Limbah Domestik ini dapat meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dan stakeholder non-pemerintah lainnya yang terkait dengan pengelolaan air limbah domestik di wilayah ini.

“Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi sarana konsultasi dan saling berbagi informasi antara peserta untuk mendorong kinerja pemerintah kabupaten/kota dan swasta dalam meningkatkan kualitas perencanaan dan pembangunan,” pungkas dia. (kanalkalimantan.com/MCKalsel/kk)

Reporter: kk
Editor: Dhani


iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->