Connect with us

HEADLINE

Dilangkahi Muhidin, PDIP Masih Yakin Keputusan Cawagub di Tangan Sahbirin

Diterbitkan

pada

Sekretaris PDIP Kalsel M. Syaripuddin Foto: net/metro7

BANJARMASIN, Kabar incumbent Sahbirin Noor memilih Ketua DPW PAN Kalsel, Muhidin, sebagai pasangannya dalam Pilgub 2020, masih dianggap sekadar isu politik oleh DPD PDIP Kalsel. Parpol yang sejak kali pertama menyatakan dukungannya atas Sahbirin ini, merasa tak dilangkahi oleh manuver PAN karena sejatinya belum ada keputusan resmi paket tersebut. Apalagi, PDIP juga mengajukan dua kader terbaiknya sebagai pendamping yakni Rosehan dan M Syaripuddin.

Dikonfirmasi Kanalkalimantan.com pada Sabtu (30/11) siang di DPD PDIP Provinsi Kalsel, Sekretaris DPD PDIP Provinsi Kalsel M. Syaripuddin menepis isu yang berkembang. Bang Dien –sapaan akrabnya– menyebut, isu duet Sahbirin-Muhidin hanya lemparan politik yang belum jelas siapa yang melepas isu tersebut. “Ini merupakan suatu lemparan yang sebenarnya kejelasannya kita belum tahu,” kata Bang Dien.

Kendati demikian, ia menggarisbawahi, keputusan soal siapa yang akan dipilih menjadi bakal calon wakil gubernur tetap berada di tangan gubernur petahana. “Kita juga terus melakukan komunikasi politik bagaimana PDIP bersama Paman Birin bisa sama-sama membangun Kalsel,” tambahnya.

(Baca: Duet Sahbirin-Muhidin di Pilgub Kalsel, dari Rival jadi Pasangan?)

Pada Pilgub 2015 lalu, PDIP merupakan satu dari sekian partai politik yang tergabung dalam koalisi besar yang mengusung Paman Birin bersama wakilnya Rudy Resnawan saat itu. “(PDIP) sebagai partai yang terdepan dalam pencalonan Paman Birin, kita juga melihat ke depan bagaimana proses politik ini berjalan dan kita terus ikuti,” jelasnya.

Jika seandainya pasangan Paman Birin-Muhidin benar-benar terjadi, apakah PDIP akan mengusung kader sendiri di Pilgub mendatang? Bang Dien menyebut partainya masih wait and see, apalagi dirinya menyebut, peta politik di Kalsel cukup dinamis. “Kita lihat (nanti), karena politik itu dinamis. Apabila sampai waktunya, aka nada kejutan-kejutan yang mungkin yang dilakukan baik dari PDIP maupun Paman Birin sendiri,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sinyal Muhidin akan menjadi pendamping Paman Birin dituturkan oleh Ketua DPD PAN Banjarbaru Emy Lasari, selepas menerima pendaftaran pasangan petahana Pilwali Banjarbaru Nadjmi-Jaya pada Jumat (29/11) siang kemarin. Kepada kanalkalimantan.com, Emy mengatakan jika Muhidin akan maju di kontestasi Pilkada mendatang.

Bahkan jauh sebelum itu, pada puncak Hari Jadi ke 493 Kota Banjarmasin pada Selasa (24/9) silam, Muhidin secara blak-blakan menunjukkan keinginannya untuk bisa mendampingi Paman Birin pada Pilgub mendatang. “Insyaallah kalau Paman (Birin) menerima, saya jadi wakil (gubernur),” kata Muhidin yang saat diwawancarai didampingi oleh Kepala Bappeda Provinsi Kalsel Fajar Desira.

Padahal, banyak sekali kandidat yang menunjukkan ketertarikannya untuk bisa bersanding dengan Paman Birin di Pilgub mendatang. Salah satunya, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid HK yang sempat santer beredar menjadi bakal calon wakil gubernur pada Selasa (15/10) lalu. Bahkan, saat pengembalian berkas pendaftaran bakal calon wakil gubernur, Abdul Wahid HK diiringi sejumlah pengurus DPD Partai Golkar HSU. Dan berkasnya sendiri diterima oleh Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H. Supian HK yang juga sama-sama berasal dari HSU.

Wahid mengaku, dirinya siap menanggalkan jabatan Bupati HSU yang masih tersisa dua tahun lagi, jika dirinya maju mendampingi petahana. “Kami akan mengakhiri masa jabatan sebagai Bupati HSU di tahun 2022,” kata Wahid. “Dan kalau berkas pencalonan kami diterima, akan ada sisa jabatan yang kami lepas sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku,” tambahnya.

Selain Abdul Wahid HK, Ketua Bidang Polhukam PDIP Provinsi Kalsel H. Rosehan Noor Bahri juga sempat digadang-gadang akan menjadi pendamping petahana. Bahkan, Rosehan juga turut mendaftar di Partai Golkar sebagai bakal calon wakil gubernur. “Mudah-mudahan Allah meridhoi. Kalau sudah jodoh, tidak akan ke mana,” kata Rosehan, Senin (14/10) silam.

Saat pengembalian berkas, tak hanya Rosehan yang menyerahkan berkas lamaran. Namun juga M. Syaripuddin yang saat ini duduk di kursi Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel. Setali tiga uang, Bang Dien juga melamar sebagai bakal calon wakil gubernur. (fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Bie

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->