Connect with us

Kota Banjarmasin

Di Banjarmasin, Jual Sampah Bisa Dapat Emas!

Diterbitkan

pada

Program Bank Sampah Banjarmasin bekerjasama dengan Pegadaian untuk menukar sampah dengan emas. Foto : mario

BANJARMASIN, Kini masyarakat Banjarmasin tidak hanya mendapatkan sejumlah uang jika menjual sampah ke Bank Sampah, melainkan bisa mendapatkan emas sebagai nilai tukarnya. Wow!

Faturahman, Direktur Bank Sampah, mengatakan, program ini merupakan kerja sama yang baru saja mereka mulai bersama Pegadaian.

“Jadi Pegadaian bantu branding. Tampilannya makin bagus, baik di bank sampah induk maupun unit,” tuturnya.

Pun juga gaya pengumpulan dan penghitungan sampah-sampah yang disetor pun kini mengalami perubahan. Jika semula hanya dalam bentuk tabungan uang, kini bisa dalam bentuk tabungan emas.

Nantinya akan dimulai dengan 20 bank sampah baru yang akan menggunakan sistem tabungan emas ini yang di masing-masing kecamatan akan ada empat bank sampah. “Terus ada lima bank sampah yang menjadi pioner. Di samping bank sampah yang sudah di-branding, mendapat sarana prasarana, mereka juga sudah mulai mengedukasi nasabahnya dengan tabungan emas,” terangnya.


Setiap sampah yang dijual, akan langsung dikonversikan secara langsung dengan nilai jual harga emas di hari yang sama. Misalkan, 10 kg kardus dengan harga Rp 1.100/kg di bank sampah unit, nilai tersebut akan langsung dikonversikan menjadi 0,09 gram emas.

“Itu nanti akan terus bertambah. Bedanya nanti kalau harga emas naik, maka tabungannya juga nambah” jelas Faturahman.

H Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin, juga mendukung program ini guna kota Banjarmasin BAIMAN (barasih wan nyaman).  Sebelumnya, bank sampah sudah mempunyai inovasi bank sampah online sebanyak 15 tempat dari jumlah 243 bank sampah di Banjarmasin. Di bank sampah online tersebut, uang tabungan bisa digunakan untuk membayar listrik, air minum, rekening, dan tagihan lainnya.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share