Dewan Apresiasi Kebijakan Bupati Terkait Intruksi Ikuti Rapat Paripurna - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Dewan Apresiasi Kebijakan Bupati Terkait Intruksi Ikuti Rapat Paripurna

Diterbitkan

pada

Anggota DPRD Pulang Pisau Ir Gunawan bersama anggota lainnya saat rapat Paripurna beberapa waktu lalu. Foto: Sjy

PULANG PISAU, Intruksi Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo yang meminta para kepala SOPD agar bisa mengutamakan hadir untuk mengikuti setiap rapat paripurna di DPRD mendapat respon dari anggota DPRD Pulang Pisau Ir Gunawan. Politisi PDIP Pulang Pisau ini mengaku sangat mendukung dan mengapresiasi tindakan yang diambil bupati Pulang Pisau.

“Kehadiran kepala SOPD sangat penting supaya pembahasan antara pihak legislatif dan eksekutif  bisa sinkron. Apalagi mereka ( kepala SOPD ) selaku pemegang anggaran dan pihak eksekutor haruslah bisa membaca arah ranncangan daerah baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang,” terang Gunawan.

Selama ini, menurut Ketua Komisi I DPRD Pulpis tersebut, kebiasaan kurang baik para kepala SOPD adalah terbiasa mengutus anak buah untuk mengikuti rapat paripurna. Sementara mereka justru lebih memilih melakukan dinas luar.

Akibatnya dikatakan Gunawan penyampaian yang didapatkan dari SOPD kurang maksimal. Sebab yang diutus justru tidak punya peranan strategis dengan kebijakan yang dibuat dewan yang tentu akan memperlambat keluarnya kebijakan.

“Bahkan ada beberapa Raperda akhirnya tertunda karena pembahasan terkendala karena tidak hadirnya kepala SKPD yang bersangkutan dengan raperda yang akan dibahas. Disetiap pembahasan diharapkan kehadiran semua kepala SOPD diperhatikan mengingat kepala SKPD merupakan pengguna anggaran pada masing-masing SOPD yang merupakan kewajiban untuk disampaikan,” tukasnya. (Sjy)

Reporter: Sjy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!