Connect with us

Kalimantan Selatan

Demo ke Bawaslu Kalsel Mahasiswa Soroti Netralitas ASN

Diterbitkan

pada

BEM SI Kalsel yang menggelar aksi penyampaian pendapat di depan kantor Bawaslu Provinsi Kalsel, Senin (12/2/2024) siang. Foto: rizki

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dua hari jelang pemungutan suara Pemilu 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar demonstrasi di depan kantor Bawaslu Kalsel, Senin (12/2/2024) siang.

Aksi bertajuk “Bela Demokrasi Rakyat Kalimantan Selatan” diikuti puluhan mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, serta kampus lainnya di Banjarmasin dan dikomandoi Ketua BEM SI Kalsel.

Secara bergantian mahasiswa melakukan orasi di depan kantor yang terletak di Jalan RE Martadinata Banjarmasin itu. Sementara Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel mendengarkan aspirasi didepan kerumunan mahasiswa.

Baca juga: 20 ‘Dosa’ Pemerintah yang Diungkap Film Dirty Vote

Salah satu spanduk yang dibawa massa mahasiswa bertuliskan “Gubernur Segara PLT!! Kadisdikbud Turunkan dari Jabatan”. Kemudian ada juga tulisan “Kami Muak Dengan Drama Di Negeri Ini”.

Kordinator aksi, Muhammad Syamsu Rizal mengatakan, memang isu yang disoroti mereka dalam aksi tersebut diantaranya terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemilu 2024.

Mahasiswa menginginkan netralitas ASN dalam Pemilu harus dijalankan dan dijaga terutama di daerah Kalsel. Dan Bawaslu sebagai lembaga pengawas diminta untuk menjaga independensinya.

Baca juga: Launching I-Kapuas, Aplikasi Perpustakaan Berbasis Elektronik

Yang tak kalah pentingnya kata Rizal, BEM SI Kalsel meminta Bawaslu Provinsi Kalsel untuk cepat menindak segala bentuk laporan kecurangan ataupun pelanggaran selama Pemilu 2024.

“Bahkan kita minta hingga Pilkada nantinya,” kata Rizal.

Mandataris Ketua BEM SI Kalsel ini melanjutkan, pihaknya melihat potensi pelanggaran netralitas ASN di Kalsel cukup tinggi, baik di Pemilu 2024 maupun memasuki Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Baca juga: Syukuran Mengawali Pembangunan Jembatan Rp14,7 Miliar di Martapura

“Jadi kami memberikan alarm kepada Bawaslu untuk kencangkan sabuk pengaman untuk terus independen dan cepat menindak segala pelanggaran,” ujar Rizal yang juga Ketua BEM ULM ini

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono yang hadir langsung di tengah massa aksi menyambut baik kedatangan serta aspirasi BEM SI Kalsel.

Bawaslu Kalsel, kata Aries, akan terus berkomitmen untuk menjaga independensi serta menangani dan menindak pelanggaran secara profesional.

Baca juga: Langsung Droping ke TPS, Distribusi Logistik Pemilu di Banjarbaru Mulai Berjalan

“Termasuk kita terus melakukan pencegahan pelanggaran,” kata Aries.

Aksi penyampaian pendapat mahasiswa tersebut diamankan oleh anggota kepolisian dari Polresta Banjarmasin dan Polsek setempat. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter: rizki
Editor: bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email