Connect with us

POLITIK BANJAR

Daftar ke Golkar, Putra Bupati Banjar Iqbal Khalilurrahman Incar Posisi Wakil Bupati

Diterbitkan

pada

Iqbal mendaftar di Partai Golkar sebagai calon wakil bupati Foto: rendy

MARTAPURA, Perpanjangan waktu penjaringan di Partai Golkar dimanfaatkan sejumlah kandidat untuk mengembalikan berkas lamaran. Termasuk putra Bupati Banjar KH Khalilurrahman, yakni Iqbal Khalilurrahman, datang menyerahkan berkas pada Kamis (17/10)) siang. Tapi, Iqbal bukan mengincar kursi yang diduduki ayahnya. Dia mendaftar untuk posisi Calon Wakil Bupati Banjar.

Berkas formulir pendaftaran diterima oleh Sekretaris Tim Penjaringan Partai Golkar Banjar, Chairil Anwar. Munculnya nama Iqbal sebagai calon wakil bupati ini, bisa menjadi ‘suplemen’ bagi kandidat yang sebelumnya melamar untuk Banjar 1 dari Partai Golkar.

Bagaimana pun, Iqbal masih memiliki kekuatan di PKB yang dalam pemilu 2019 mampu meraih 5 kursi di DPRD Banjar. Jika digabung dengan Golkar yang mengantongi 8 kursi, koalisi Golkar-PKB sejatinya sudah bisa mengusung calon.

Iqbal yang juga sekretaris DPC PKB Kabupaten Banjar ini mengatakan, memutuskan maju sebagai wakil bupati sudah atas izin ayahnya. “Saya sudah mendapat restu dari keluarga dan Abah (Guru Khalil). Majunya saya juga sekaligus menjawab teka-teki apakah Abah maju atau tidak, jadi Abah memang tidak mencalonkan diri lagi. Saya siap saja bergandengan dengan siapapun,” ungkapnya.

Dengan kekuatan 5 kursi di DPRD, Iqbal merasa realistis jika hanya membidik sebagai wakil bupati. Karena Golkar memiliki jumlah kursi yang lebih banyak yakni 8 kursi di DPRD. “Yang realistis tentunya Golkar sebagai salah satu partai besar, cukup berpeluang bisa kita ajak bekerja sama,” katanya usai pendaftaran.

Di sisi lain, Ketua Tim Penjaringan Chairil Anwar mengatakan, mengapresiasi majunya Iqbal melalui Partai Golkar. “Tentunya kehormatan bagi Golkar, salah satu pemuda perwakilan dari kaum milenial. Salahsatu tokoh pemuda di kabupaten Banjar, memiliki elektabilitas bagus. Apalagi beliau sudah berpengalaman dalam bidang sosial politik, ditambah beliau adalah putra Guru Khalil yang hampir kita pastikan, memiliki elektabilitas bagus,” katanya.

Sebelumnya Golkar memutuskan memperpanjang masa penjarigan dari semula hingga Selasa (15/10) menjadi Selasa (22/10). Saat ini, sudah tiga bakal calon Bupati mengembalikan berkas dan bakal calon wakil Bupati ada empat orang yang kembalikan berkas. Dikatakannya, ada 19 orang yang mengambil berkas, jadi ada 12 orang lagi yang belum mengembalikan.

Yang sudah mengembalikan diantaranya Andin Sofyanoor (kader Golkar), H Saidi Mansyur yang saat ini masih menjabat wabup Banjar. Lalu, H Kasmili yang berpasangan dengan Habib Hasan Alwi, H Gt Iskandar Sukma Alamsyah (kader Golkar), H Sulaiman Razak (pensiunan PNS, pengusaha), dan Gt Syahyar (staf ahli gubernur). (rendy)

Reporter : rendy
Editor : Chell

 

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Lanjutkan membaca
Advertisement
-->