Connect with us

Kabupaten Balangan

“Cempedak Kupas” Juara Sayembara Desain Motif Sasirangan

Diterbitkan

pada

Sasirangan karya Siti Rohana motif Cempedak Kupas UMKM Aneka Usaha Paringin Kota terpilih sebagai motif sasirangan resmi untuk Hari Jadi ke 21 Kabupaten Balangan tahun 2024. Foto: prokopimbalangan

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menetapkan motif sasirangan resmi untuk Hari Jadi ke 21 Kabupaten Balangan tahun 2024.

Akun Prokopim Setda Balangan menyebutkan bahwa motif sasirangan yang ditetapkan adalah karya Siti Rohana dengan motif Cempedak Kupas yang berasal dari UMKM Aneka Usaha Paringin Kota.

Filosofi motif sasirangan ini adalah tiwadak yang merupakan buah khas Balangan, pemanfaatannya lebih dari satu, mulai dari buah, biji hingga kulit dagingnya sangat digemari masyarakat Banjar.

Daun pada bagian tengah depan dan belakang yang berjumlah 21 lembar melambangkan usia Kabupaten Balangan. Sedangkan 8 buah pada setiap tangkai menunjukkan tanggal, serta 4 daun pada bahu lengan menunjukkan bulan Hari Jadi Kabupaten Balangan.

Adapun warna hijau merupakan warna yang paling nyaman untuk mata, warna hijau melambangkan kedamaian, ketenangan dan kesegaran, serta dapat mengurangi rasa cemas bagi yang melihatnya.
Kemudian warna cokelat mampu melambangkan kesan canggih, mahal dan modern serta rasa hangat, nyaman dan aman. Cokelat identik dengan unsur tanah dan bumi.

Baca juga: Puncak Hujan Desember, Balangan Status Siaga Darurat Bencana

Dalam psikologi warna ini digunakan untuk melambangkan arti kuat, mampu diandalkan, serta pondasi kekuatan hidup.

Adapun Naga Balimbur merupakan salah satu ciri khas sasirangan dan karait merupakan tanda kebersamaan orang Balangan.

Salah satu dewan juri Sri Huriyati Hadi memberikan ucapan selamat kepada para peserta Sayembara Desain Motif Sasirangan untuk peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Balangan tahun 2024.

Menurut Bunda Sri –biasa disapa-, desain yang dihasilkan tidak hanya mempercantik sasirangan, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat di Kabupaten Balangan.

“Semoga ini menjadi awal perjalanan sukses bagi UMKM yang terlibat,” ujarnya.

Baca juga: Puncak Tema 207 Anak PAUD Kunjungi Manggala Agni Mandiangin

Sayembara ini juga tidak hanya menyajikan keindahan sasirangan, tetapi juga memperkenalkan UMKM lokal yang berperan penting dalam melestarikan seni dan budaya tradisional.
“Kabupaten Balangan semakin berwarna dengan kehadiran desain-desain yang menggambarkan keunikan daerah,” pungkasnya.

Daftar pemenang Sayembara Desain Motif Sasirangan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Balangan 2024 yaitu juara 1 Siti Rohana dengan motif Cempedak Kupas, UMKM Aneka Usaha dari Kelurahan Paringin Kota. Juara 2 Santi Sutina motif Jukung Naga Bawanang, UMKM Aksansu Mutiara Sasirangan dari Desa Baruh Panyambaran, Kecamatan Halong

Juara 3 Rusmilawati dengan motif Jambangan, UMKM Sasirangan HJM dari Desa Hujan Mas, Kecamatan Paringin. Juara Favorit Hayani dengan motif Pucuk Kelakai, UMKM Maju Bersama Sasirangan dari Desa Sungai Katapi, Kecamatan Paringin. (Kanalkalimantan.com/mcbalangan/adv)

Editor : kk

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email