Connect with us

HEADLINE

Calhaj Balangan yang Wafat Tiba Besok di Banjarbaru, Saat Berangkat Pakai Kursi Roda


Almarhumah Samsinah Tercatat Jemaah dengan Kesehatan Resiko Tinggi


Diterbitkan

pada

Bupati Balangan H Abdul Hadi saat melepas keberangkatan 82 CJH Kabupaten Balangan di halaman Masjid Al Akbar, Kecamatan Paringin Selatan, Sabtu (11/6/2022). Foto: alfi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Calon Haji (Calhaj) Indonesia asal Embarkasi Haji Banjarmasin bernama Samsinah meninggal dunia di dalam pesawat satu jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor, Senin (13/6/22) pukul 02.30 Wita.

Almarhumah Samsinah (50) wafat dalam perjalanan penerbangan menuju Madinah, Arab Saudi. Calhaj Haji tahun 2022 itu terdaftar dalam Kloter 1 BDJ.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan, Muhammad Fahmi Wahid mengatakan, kabar duka wafat salah seorang calon haji Kabupaten Balangan dalam perjalanan penerbangan menuju Madinah.

Warga Desa Galumbang, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan ini dinyatakan meninggal pada hari Senin (13/6/2022) pukul 02.30 Wita. Karena ada calhaj yang meninggal dunia di pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 8101 itu, akhirnya diputuskan mendarat transit di Bandara Internasional Kualanamu, Medan.



 

Baca juga  : Operasi Patuh Intan 2022, Kapolres HSU: Personel Harus Berikan Contoh

“Meninggal dunia atas nama Samsinah Usman Hasbullah binti Usman, tergabung dalam Kloter 01 BDJ bersama rombongan dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Banjar. Almarhumah warga Desa Galumbang RT 01, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan,” ujar Kasi PHU Kantor Kemenag Balangan.

Almarhumah Samsinah diduga meninggal dunia tidak lama setelah pesawat take off dari Bandara Internasional Syamsudinoor.

“Pesawat kemudian melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Kualanamu Medan, agar jenazah bisa dipulangkan kembali ke Banjarbaru,” tambahnya.

Dari keterangan Kasi PHU Kantor Kemenag Balangan, almarhumah memang tercatat mempunyai riwayat penyakit diabetes dan hipertensi. Saat keberangkatan pun sudah menggunakan kursi roda dan masuk dalam catatan petugas kesehatan sebagai satu jemaah yang punya kesehatan resiko tinggi.

 

Baca juga  : Spesialis Jambret Wanita, Diringkus Polisi Beraksi di 10 Lokasi di Banjarbaru

Setelah diturunkan di Bandara Kualanamu, jenazah langsung dibawa ke di RSUD Deli Serdang Lubuk Pakam. Kemudian jenazah akan diberangkatkan melalui cargo Garuda dari Bandara Kualanamu Medan pada pukul 16.45 WIB dan akan tiba di Jakarta sekitar pukul 19.15. Selanjutnya jenazah diberangkatkan pada Selasa (14/6/2022) besok dengan flight GA536 dari Jakarta pukul 13.00 WIB dan akan tiba di Bandara Syamsudin Noor pukul 15.50 Wita.

Mewakili Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Balangan, Fahmi menyampaikan ucapan bela sungkawa yang mendalam dan berharap keluarga yang ditinggalkan tabah serta mengikhlaskan.

“Insyaallah beliau husnul khatimah. Kita doakan bersama,” tutupnya. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->